Sukses

[VIDEO] Gunung Kelud `Waspada`, BNPB Koordinasi ke 3 Daerah Rawan

BNPB segera menggelar koordinasi dengan 3 daerah yang berada dalam daerah bahaya Gunung Kelud. Langkah ini untuk antisipasi dan penanganan.

Sepanjang Selasa kemarin, Gunung Kelud tidak tampak lantaran tertutup awan. Namun aktivitas gunung tetap berlanjut sebagaimana terpantau di pos pengamatan Dusun Margomulyo Kediri, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (5/2/2014), peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Kelud dan perubahan Status dari aktif Normal ke Waspada mendapat perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

BNPB segera menggelar pertemuan dengan 3 daerah rawan yaitu Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang yang berpeluang terkena dampak letusan jika Gunung Kelud memasuki fase erupsi. Pertemuan untuk menyusun rencana penanganan bencana guna menekan kerugian termasuk jatuhnya korban.

Meski sedikit menurun dibanding hari sebelumnya, kemarin aktivitas kegempaan Gunung Kelud masih cukup sering. Sepanjang malam hingga pagi terjadi gempa vulkanik dalam sebanyak 7 kali, gempa vulkanik dangkal 9 kali dan gempa tektonik selama 4 kali.

Sebelumnya, sepanjang hari Senin sejak pukul 00.00 dini hari hingga pukul 6 petang terjadi beberapa gempa di Gunung Kelud. Diantaranya, gempa vulkanik dangkal 52 kali, gempa vulkanik dalam 9 kali dan gempa tektonik jauh 4 kali.(Nfs/Tnt)

Baca juga:

Warga 2 Kecamatan di Malang Waspada Letusan Gunung Kelud
[VIDEO] Aktivitas Meningkat, Warga Lereng Gunung Kelud Berkemas
[VIDEO] Dalam Sehari, Gempa di Gunung Kelud Terjadi Puluhan Kali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini