Sukses

Pengamat: Jokowi Jadi Presiden, Indonesia Tak Punya Harapan

PDIP disarankan untuk tidak mencalonkan Jokowi sebagai capres pada Pilpres 2014 dan membiarkannya fokus bekerja untuk Jakarta.

Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi selalu unggul dalam berbagai survei calon presiden pilihan rakyat pada Pilpres 2014. Bahkan, elektabilitas Jokowi belum ada yang bisa menyaingi hingga kini.

Meski begitu, pengamat dan konsultan politik Hasan Nasbi menilai untuk pemilu tahun ini Jokowi sebaiknya jangan dicalonkan menjadi presiden. Dia berharap kader PDI Perjuangan itu tetap fokus mengurus Jakarta.

"Jokowi ini figur model pemimpin baru. Jokowi pemimpin yang bisa dipercaya mampu membawa Jakarta ke arah yang lebih baik dan tidak dipengaruhi sama sekali oleh kepentingan politik," kata Nasbi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Lebih jauh Nasbi mengatakan, jika Jokowi dicapreskan lalu gagal, maka setidaknya Indonesia tidak punya lagi sosok pemimpin yang bisa diharapkan bisa memenuhi keinginan rakyat.

"Kalau Jokowi nyapres lalu kinerjanya gagal, itu kita tak ada harapan apa-apa lagi terhadap sosok-sosok yang ada di Indonesia. Tapi jika Jokowi stay di Jakarta dan presidennya gagal, kita masih punya Jakarta yang benar, yakni Gubernur Jokowi," ujarnya.

Karena itu, Nasbi kembali menyarankan PDIP membiarkan Jokowi untuk tetap menjadi Gubernur DKI Jakarta dan menyelesaikan tugas sampai akhir masa jabatan.

"Persoalan Jakarta itu sangat kompleks, yang dipegang oleh gubernur dengan kewenangan terbatas. Jokowi yang mampu untuk itu," tandas Nasbi. (Ado/Yus)

Baca juga:

PDIP Bisa Capreskan Jokowi Tanpa Berkoalisi?
Jokowi: Toilet Halte Busway Nggak Perlulah, yang Ada Bau Semua
Survei PDB: Tak Memuaskan, Elektabilitas Jokowi Turun
Jokowi Serahkan Pengelolaan Terminal ke PT Transjakarta
Ruhut: SBY Takkan Intervensi KPK Soal Sutan Bathoegana



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini