Sukses

Mantan Kapolri Timur Pradopo Resmi Pensiun

Timur Pradopo menyerahkan jabatannya kepada Jenderal Pol Sutarman meski belum memasuki masa pensiun.

Mantan Kapolri Timur Pradopo resmi pensiun terhitung sejak 1 Februari 2014. Timur Pradopo menyerahkan jabatannya kepada Jenderal Pol Sutarman pada 23 Oktober 2013 meski belum memasuki masa pensiun.

"Memang benar Bapak Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo telah pensiun sesuai masa dinas di Polri pada tanggal 1 Februari sesuai informasi As SDM Kapolri," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny F Sompie di Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Setelah tak menjabat sebagai kapolri, lulusan Akpol angkatan 1978 itu mengambil cuti cukup lama dalam rentang masa penyerahan jabatan hingga tiba masa pensiun ini.

Saat menyerahkan jabatannya ke Sutarman, Timur berpesan agar mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu mengawal Pemilu 2014 secara netral. Timur juga berpesan agar Sutarman mengungkap kasus penembakan terhadap para personel Polri.

Saat penyerahan jabatan itu pula Timur yang lahir di Jombang, Jawa Timur, 57 tahun silam itu meminta maaf karena capaian tugas Polri belum sempurna, seperti kesejahteraan personel, pelayanan Polri terhadap masyarakat dan lainnya.

Selain Timur, lulusan Akpol 1978 yang masih berdinas di posisi strategis yang akan memasuki masa pensiun adalah Wakapolri Komjen Pol Oegroseno. Namun belum ada keterangan dari Polri terkait nama-nama yang akan dijadikan calon orang nomor dua tertinggi di institusi Bhayangkara itu. (Ant/Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.