Sukses

[VIDEO] Kelapa Gading, Sunter, dan Petogogan Kembali Kebanjiran

Banjir kembali menggenangi banyak kawasan Ibukota, sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas di berbagai ruas jalan.

Hujan deras yang mengguyur sejak Senin malam, membuat banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di Ibukota, seperti Kelapa Gading, Kemayoran, Gunung Sahari, dan  Sunter. Praktis, sebagian warga Jakarta terjebak kemacetan panjang di berbagai ruas jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (4/2/2014), ruas Jalan Boulevard, Kelapa Gading, dan Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara, kembali digenangi banjir akibat hujan deras semalam.

Kemacetan parah pun terjadi di 2 ruas jalan tersebut karena terdapat genangan banjir setinggi 30 centimeter. Genangan juga membuat para pengguna jalan harus mengurangi kecepatan kendaraan mereka. Kemacetan juga membuat para penumpang bus diturunkan di pintu keluar jalan tol di kawasan tersebut.

Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, juga tak luput dari genangan banjir. Ketinggian air antara 30 hingga 50 centimeter merendam jalan, sehingga hanya 2 lajur yang bisa digunakan pengguna jalan.

Di Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, para pengguna jalan terpaksa menggunakan jalur bus Transjakarta yang posisinya lebih tinggi untuk menghindari genangan air di jalur arteri. Kemacetan pun tidak bisa dihindari akibat antrean kendaraan bermotor.

Kesemrawutan arus lalu lintas terjadi di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, akibat genangan banjir. Ratusan sepeda motor dan mobil bersaing untuk mendapat tempat melewati kemacetan. Kondisi ini membuat polisi mengalihkan arus lalu lintas.

Sebab di kedua arah Jalan Gunung Sahari menuju Ancol, Jakarta Utara, maupun Senen, Jakarta Pusat, digenangi banjir. Akibat menerobos genangan, sejumlah sepeda motor juga mogok sehingga harus diperbaiki relawan mekanik.

Macet parah di Ibukota akibat genangan air membuat kebijakan tree in one (1 mobil 3 penumpang) di Jalan Sudirman-Thamrin dan Gatot Subroto, hari ini tidak diberlakukan.

Kemacetan parah di Jakarta, juga membuat warga Ibukota pusing menyiasatinya. Akibatnya, sebagian pengendara motor nekat. Salah satunya dengan masuk ke Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) di kawasan Kembangan, Jakarta Barat.

Motor-motor itu masuk melalui Pintu Tol Cengkareng dan keluar di Pintu Tol Kembangan. Ini terpaksa dilakukan karena akses Jalan Daan Mogot macet akibat banjir.

Banjir juga menggenangi Jalan Arteri dari Cengkareng ke kawasan Puri Kembangan. Banjir ini akibat hujan deras yang mengguyur Ibukota sejak malam hingga pagi tadi.

Siang ini, genangan air merendam sebagian ruas Jalan S. Parman, tepatnya sebelum perempatan Grogol, Jakarta Barat. Genangan setinggi 50 centimeter itu merendam ruas jalan sepanjang lebih 300 meter. Banjir juga merendam 2 lajur jalan Grogol-Tomang.

Banjir juga kembali merendam rumah dan jalan di kawasan Petogogan, Jakarta Selatan, setelah sempat surut. Sekolah terpaksa diliburkan dan warga kesulitan beraktivitas. (Ans/Mut)

Baca juga:
[VIDEO] Jalan Angkasa Jakpus Terendam Banjir Hingga 50 Cm
Jalan Patra Kebon Jeruk Banjir Hampir 50 Cm, Lalu Lintas Padat
Hujan Semalaman, Kebon Baru Tebet Banjir Hingga 60 Cm

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini