Sukses

Waduk `Si Pitung` di Marunda Dibangun Bulan Ini

Waduk itu berlokasi di dekat cagar budaya Rumah Si Pitung.

Jakarta segera memilik sebuah waduk baru. Pada pertengahan Februari 2014, pembangunan waduk di kawasan Marunda, Jakarta Utara, dekat dengan rumah 'Si Pitung' akan dimulai.

"Waduk segera kita laksanakan, kita utamakan dulu yang di Marunda, dalam seminggu atau 2 minggu ini sudah mulai," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Nantinya waduk itu memiliki luas hingga 50 hektare. Namun, Pemprov DKI baru akan mengerjakan 30 hektare lahan. Sebab, 20 hektare sisanya masih dalam proses pembebasan lahan.

Letaknya, lanjut Manggas, tidak jauh dari rumah susun (rusun) Marunda. Waduk itu juga berlokasi di dekat cagar budaya Rumah 'Si Pitung'. "Waduknya nanti nggak jauh dari rusun, deket rumah Si Pitung ada jembatan. Nah, dekat sana lah," tutur Manggas.

Mengenai anggaran pembangunan waduk, sedang dalam proses penghitungan. Namun, ia memastikan biaya yang nantinya dikeluarkan jauh lebih murah karena Pemprov DKI menggunakan alat berat sendiri. Tanpa harus menyewa alat dari pihak ketiga.

"Sehingga yang dibutuhkan BBM (bahan bakar) sama operator saja. Anggaran sambil jalan lah, yang penting kita jalan dulu," kata Manggas.

Nantinya, Pemprov DKI akan membangun 9 waduk baru di Jakarta. Waduk-waduk itu rencananya berlokasi di Cengkareng, Rorotan, Halim, Cibubur, Sunter, Pantai Indah Kapuk (2 waduk), Nusa Kirana, dan Marunda. Dengan begitu, diharapkan dengan dimulainya pembangunan waduk-waduk itu bisa semakin membantu mengurangi banjir di Jakarta. (Mut/Ism)

Baca juga:
Akibat Genangan, Operasional 4 Koridor Transjakarta Terganggu
Jakarta Diguyur Hujan, Banjir di Kampung Pulo Hingga 150 Cm
PLN Kembali Padamkan 31 Gardu Hari Ini Akibat Banjir


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.