Sukses

SBY dan Guru Een Berdendang Bersama di Pertemuan Kedua

Saat mengunjungi Guru Een di kediamannya di Sumedang, Presiden SBY menyempatkan bernyanyi bersama dengan guru berprestasi itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjenguk Een Sukaesih (50), pendidik informal yang mengalami keterbatasan fisik asal Sumedang, Jawa Barat. Didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, SBY mengunjungi tempat tinggal Guru Een di Dusun Batu Karut, Cibereum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat, Senin (3/2/2014) siang.

SBY dan Ani Yudhoyono menemui Guru Een di ruang istirahat perempuan paruh baya itu dengan didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

SBY dan rombongan tampak duduk di lantai ruangan berkarpet merah, sementara Guru Een yang mengenakan kerudung biru berbaring di tempat tidur.

Di ruangan yang berukuran tidak lebih dari 4x4 meter itu terdapat sebuah rak buku yang berisi beragam buku pelajaran dan sejumlah foto, yang salah satunya adalah foto pertemuan Een dengan SBY dan Ani beberapa waktu lalu.

Selama lebih dari 30 menit, SBY dan Ani bercakap-cakap dengan Een Sukaesih, sementara sejumlah murid berada di sekitar rumah Een yang terletak lebih kurang 300 meter dari jalan utama. Een Sukaesih juga sempat bernyanyi bersama SBY.

Guru Een sebelumnya pernah bertemu SBY di Kantor Kepresidenan pada Rabu 5 Juni 2013. Usai mendapat penghargaan dalam ajang Liputan 6 Awards, Guru Een memang pernah menyampaikan keinginannya untuk bertemu dengan Kepala Negara. Harapan itu akhirnya terkabul.

"Semuanya masih serasa mimpi. Sampai sekarang juga saya tidak pernah membayangkan akan bertemu dengan Presiden," ungkap Guru Een kepada Liputan6.com usai bertemu SBY.

Een merupakan lulusan Sekolah Pendidikan Guru dan D3 IKIP Bandung Jurusan Bimbingan dan Konseling. Een tiba-tiba mengalami kelumpuhan, sehingga gagal menjadi guru seperti cita-citanya.

Tubuh Een lumpuh total. Hanya mata dan mulut saja yang bisa digerakkan perempuan berusia 51 tahun ini. Meski menderita kelumpuhan, tak putus semangat Een untuk mengajar anak-anak yang datang ke rumahnya. Dari atas tempat tidurnya, Een mengajar anak-anak di lingkungannya.

Kepala Negara singgah di rumah Een di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Sumedang dan Majalengka (Jawa Barat) serta Pekalongan, Jawa Tengah. Seusai menjenguk Guru Een, SBY dan rombongan akan menuju Kabupaten Majalengka.

Turut mendampingi dalam kunjungan ini antara lain Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. (Ant/Ado/Ism)

Baca juga:

Bertemu Presiden SBY, Bu Een: Serasa Mimpi
SBY: Meski Handycap, Semangat Ibu Een Luar Biasa
Bu Een Koleksi Kaset Lama Gubahan SBY
Bu Een: Kasih Sayang, Kunci Keberhasilan Pendidikan
[VIDEO] Kunjungi Een Sukaesih, Deddy Mizwar Janjikan Bikin Film



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini