Sukses

Demokrat Sebut LSI `Lingkaran` Tidak Independen

Bagi Demokrat, hasil itu tidak bisa dijadikan patokan yang jelas untuk menuju Pemilu yang sebenarnya pada April nanti.

Demokrat menepis hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyebut partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan terjun bebas pada Pemilu 2014. Demokrat juga tidak yakin akan hasil survei itu yang menyatakan partai akan terpental dari 3 besar.

"Tidak bisa dijadikan patokan. Buat kami lembaga ini (Lingkaran SI) bukan lembaga survei independen murni. Tapi lebih sebagai corong kepentingan politik pemodal di belakangnya," kata juru bicara Partai Demokrat Ikhsan Modjo melalui pesan singkat, Senin (3/2/2014).

Menurutnya, hasil itu tidak bisa dijadikan patokan yang jelas untuk menuju Pemilu yang sebenarnya pada April nanti. Ikhsan justru menuding, semua hasil survei lebih mengedepankan kepentingan politik setiap partai.

Pada tahun 2009 lalu, kata dia, lembaga survei bentukan Denny JA ini juga melakukan survei dan memprediksi Demokrat akan mengalami nasib yang sama seperti hasil saat ini. Namun, kata Ikhsan, semua hasil justru tidak ada yang benar.

"Jangan lupa LSI juga memprediksi hasil yang kurang lebih sama seperti ini di Pemilu 2009, tapi ternyata sama sekali salah. Sebaliknya berbekal survei yang dilakukan sendiri oleh Partai Demokrat, dan fakta 2009 bahwa hasil Lingkaran SI selalu bertolak belakang dengan kenyataan," tandas Ikhsan Modjo.

Berikut hasil survei Lingkarang SI pada Minggu 2 Februari 2014 kemarin

1. Golkar: 18,3 persen
2. PDIP: 18,2 persen
3. Gerindra: 8,7 persen
4. P. Demokrat: 4,7 persen
5. Hanura: 4,0 persen
6. PKB: 3,7 persen
7. PPP: 3,6 persen
8. PAN: 3,3 persen
9. PKS: 2,2 persen
10 Nasdem: 2 persen
11. Responden belum memutuskan pilihan: 30,1 persen

(Ism/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.