Sukses

Jumlah Pengungsi Erupsi Sinabung Meningkat

Mereka berasal dari 223 kepala keluarga, terdiri atas 383 laki-laki, 333 perempuan yang 124 di antaranya adalah balita.

Pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung terus bertambah. Hingga kini sudah ada 716 warga kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara yang mengungsi.

"Pengungsi terus bertambah datang ke Langkat," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Hardianul Zally di Stabat, Senin (3/2/2014).

Menurut Hardianul Zally, saat ini ada 716 pengungsi dari Kecamatan Naman Teran Kabupaten Tanah Karo yang ditampung di lokasi pengungsian di Balai Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei dan sekitarnya. Mereka berasal dari 223 kepala keluarga, terdiri atas 383 laki-laki, 333 perempuan yang 124 di antaranya adalah balita.

"Pengungsi masih aman dari awan panas yang terus dikeluarkan Gunung Sinabung," ujarnya. Warga masih terus bertahan di lokasi pengungsian yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Langkat hingga sekarang ini.

Hardianul menjelaskan, pasokan logistik hingga sekarang masih mencukupi, termasuk bantuan medis kesehatan bagi para pengungsi. Di lokasi pengungsian, Kementerian Pekerjaan Umum juga telah menyediakan truk tangki air, 4 hidran umum, dan 10 wc.

Salah seorang pengungsi Adi Barus mengatakan, warga yang mengungsi ke Langkat itu datang melalui jalur utara Gunung Sinabung, karena letak Langkat lebih dekat bila dibandingkan jika mereka harus ke ibukota Kabupaten Tanah Karo di Kabanjahe ataupun Brastagi.

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa selain harus mengungsi untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman, yang tidak terjangkau dampak letusan Gunung Sinabung," ujar Andi Barus. (Ant/Mvi/Ism)

Baca juga:

Letusan Sinabung Diprediksi Reda Awal Maret

[VIDEO] Cari Korban, Tim SAR Kembali Sisir Zona Bahaya Sinabung

Pekan Depan Pengungsi Sinabung Mulai Dipulangkan Bertahap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini