Sukses

LSI Sarankan PDIP-Golkar Berkoalisi

Pemilu 2014 diprediksi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) akan dimenangkan PDIP atau Partai Golkar.

Pemilu 2014 diprediksi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) akan dimenangkan PDIP atau Partai Golkar. Hal itu terungkap dalam survei terbaru LSI.

Menurut peneliti LSI Adjie Alfaraby, elektabilitas Golkar berada di atas PDIP dalam pemilu legislatif (Pileg). Namun dalam pemilu presiden (pilpres), PDIP mengalahkan Golkar.

"Elektabilitas calon presiden (capres) dari partai berlambangkan Banteng ini yaitu Megawati atau Jokowi masih di atas Aburizal Bakrie (Golkar)," katanya di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2014).

Menurut Adjie, LSI merekomendasikan pemerintahan 2014 dipimpin 3 partai saja. Artinya ada koalisi partai dalam jumlah minimal, namun besar secara dukungan di parlemen agar pemerintahan lebih kuat dan efektif.

"Pilihan berkoalisi antar kedua partai (PDIP dan Golkar) akan lebih realistis dibanding harus beroposisi. Karena jika koalisi kedua partai terjadi, maka kedua partai tersebut akan menguasai parlemen di atas 50 persen," jelas Adjie.

Bila dilihat dari sejumlah survei terakhir LSI, Partai Golkar dan PDIP konsisten sebagai 2 teratas partai peraih dukungan terbanyak. Dengan diperkuat survei Januari 2014 ini, maka kedua partai hampir pasti menjadi partai terbesar.

"Jika berkoalisi, siapapun yang menang, Golkar atau PDIP, akan hanya butuh dukungan 1 partai lagi untuk menjadi mayoritas di parlemen," imbuh Adjie.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan pada 6 hingga 16 Januari menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden awal 1.200. Survei ini dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan margin of error-nya plus minus 2,9%. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini