Sukses

Korban Sinabung Berjatuhan, SBY: Hindari Zona Berbahaya

Presiden SBY meminta warga Sinabung untuk bersabar dan tidak kembali ke desa mereka sebelum situasi dinyatakan aman sepenuhnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta warga Sinabung, Sumatera Utara, untuk bersabar dan tidak kembali ke desa mereka sebelum situasi dinyatakan aman sepenuhnya.

Imbauan itu disampaikan SBY melalui akun jejaring twitter @SBYudhoyono, Minggu (2/2/2014) pagi, pascajatuhnya 14 korban jiwa akibat awan panas Gunung Sinabung.

"Saya sedih, karena sudah saya ingatkan untuk tetap di penampungan, bersabar dan jangan kembali ke desanya jika belum aman," kata SBY.

Ia mengatakan telah menelpon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tepat guna memastikan musibah dapat dicegah.

"Bagi rakyat, patuhi petugas, hindari zona bahaya. Erupsi bisa terjadi setiap waktu. Selalu waspada dan antisipasi kemungkinan terburuk," ujarnya.

SBY juga mengajak untuk mendoakan warga Sinabung yang menjadi korban. "Mari tundukkan kepala bagi 14 korban tewas awan panas Gunung Sinabung. Dari Tuhan kita berasal, kepada-Nya lah kita kembali," tulis SBY.

Sementara itu Data yang diperoleh dari BNPB tercatat 14 warga tewas dan 3 orang mengalami luka bakar akibat awan panas erupsi Gunung Sinabung.

Seluruh korban yang tewas dan luka-luka terkena semburan awan panas di Desa Sukameriah yang berada pada radius 3 kilometer dari Gunung Sinabung. (Ado)

Baca juga:

[VIDEO] Jenazah Korban Sinabung Ditemukan Tertimbun Abu Vulkanik
VIDEO] Keluarga Korban Awan Panas Sinabung Sesaki RSUD Kabanjahe
[VIDEO] Pencarian Korban Awan Panas Sinabung Dilanjutkan Pagi Ini

BNPB: 14 Orang Tewas Kena Awan Panas Gunung Sinabung
BNPB: Maaf Salah, Korban Tewas Sinabung Bukan Lagi Reporter TVOne

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini