Sukses

[VIDEO] Pencarian Korban Awan Panas Sinabung Dilanjutkan Pagi Ini

Ke-14 korban tewas yang telah ditemukan dipastikan bukan penduduk di kaki gunung atau pengungsi, tapi pendatang dari luar.

Satgas penanggulangan bencana Gunung Sinabung memutuskan akan tetap mencari korban yang diduga masih tersebar di lokasi luncuran awan panas. Satgas memastikan 14 korban tewas bukan warga atau pengungsi tetapi pendatang yang ingin melihat-lihat Gunung Sinabung.

Pencarian korban semburan awan panas dihentikan hingga pukul 00.00 WIB, Sabtu 1 Februari. Sejauh ini, telah ditemukan 6 sepeda motor yang diduga milik korban. Ke-14 korban tewas yang telah ditemukan dipastikan bukan penduduk di kaki gunung atau pengungsi, tapi pendatang dari luar.

"Bukan dari warga setempat. Ada yang melakukan aksi kemanusiaan di sini," kata Kasdam I Bukit Barisan Brigjen Andogo Wiradi dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (2/2/2014).

Rencananya, untuk memastikan seluruh korban, jika situasi aman, pagi ini tim evakuasi akan menyisir kembali lokasi luncuran awan panas.

Sebanyak 14 orang ditemukan tewas setelah tersapu awan panas Sinabung yang muntah pada Sabtu kemarin sekitar pukul 10.30 WIB. Sedangkan 3 korban lainnya, dirawat di Rumah Sakit Efarina Etaham, Berastagi, Medan.

Aktivitas Sinabung Sabtu kemarin memang aktif luar biasa. Ini terbukti dari daya jelajah luncuran awan panas yang mencapai 4,5 kilometer setelah sebelumnya hanya berkisar 2 kilometer.(Ali)

Baca juga:

BNPB: 14 Orang Tewas Kena Awan Panas Gunung Sinabung
11 Korban Tewas Sinabung, ESDM: Taatlah, Jangan Malah Foto-foto
Nama 11 Korban Tewas Awan Panas Gunung Sinabung
BNPB: Maaf Salah, Korban Tewas Sinabung Bukan Lagi Reporter TVOne

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.