Sukses

3 Bakal Capres, Pecahkan Suara PKS?

Keputusan PKS mengusung 3 kandidat memunculkan isu pecahnya suara di internal. Namun, hal itu dibantah Presiden PKS Anis Matta.

Penetapan 3 kandidat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berpotensi memecah suara konstituen. Tapi, hal itu dibantah Presiden PKS Anis Matta. Anis menjamin proses ini tak akan memecah suara konsituen.

"Nggak akan memecah suara PKS. Ini bukan suatu kompetisi, tapi ini tawaran kepada publik. Ini tahapan berbeda secara tidak ada kompetisi antarkandidat," kata Anis di kantor DPP PKS, Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Anis menjelaskan, tim yang dibentuk Lembaga Penyiapan dan Penokohan Kader (LPPK) akan mendampingi setiap kandidat. Mereka  membantu kandidat memaparkan visi dan misi kepada masyarakat. Tim juga yang akan menilai seberapa besar pengaruh kandidat di tengah masyarakat.

"Tapi, kompetisinya bukan antarmereka (kandidat). Tim akan turun ke publik untuk memperkenalkan program dan agenda dari setiap kandidat. Pilihan itu terbuka oleh publik," lanjut Anis.

Setelah proses itu dilewati, alat ukur yang akan digunakan untuk menilai kandidat adalah survei. Anis menambahkan, kandidat punya waktu sekitar 2,5 bulan sebelum pemilu dilaksanakan untuk memperkenalkan segala program yang dimiliki kepada masyarakat.

"Respon masyarakat seperti apa. Ada konstilasi pemilihan legislatif, karena koalisi ikut menentukan siapa kandidat yang akan dicalonkan," tandas Anis. (Don/Ali)

Baca juga:

Ini 3 Kandidat Capres PKS Hasil Musyawarah Majelis Syuro
Anis Matta: PKS Tak Terpengaruh Isu Suku Capres
Pemilu 2014, Anis: Saatnya PKS dari Tim Sukses ke Kandidat Capres
Tifatul: 20 Tahun Lagi Capres Masih dari Jawa, Tahu Diri Saja
Tifatul PKS: Isu Poligami Bikin Pemilih Wanita `Kabur`
3 Besar Bakal Capres PKS Hasil Rapat Majelis Syuro

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.