Sukses

Korban Sinabung Diperkirakan Masih Ada, Evakuasi Lanjut Besok

Namun evakuasi belum bisa dilakukan karena potensi susulan awan panas dan gelap. Besok pagi evakuasi akan dilanjutkan.

Sudah ada 11 orang yang menjadi korban tewas akibat tersapu awan panas Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara. Namun diperkirakan masih ada korban lainnya.

"Diperkirakan di lokasi masih ada korban," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

"Namun evakuasi belum bisa dilakukan karena potensi susulan awan panas dan gelap. Besok pagi evakuasi akan dilanjutkan," sambung Sutopo.

Dijelaskan dia, semua korban tewas ditemukan di Desa Sukameriah, berjarak 3 km dari puncak kawah Gunung Sinabung. Awan panas berlangsung pukul 10.30 WIB saat terjadi erupsi.

"Warga nantinya perlu direlokasi," sebut Sutopo.

11 Korban tewas adalah Alexander Sembiring, Daud Surbakti (17), Dipa Nusantara (17), David (17), Mahal Sembiring (25), Rizal Sahputra (23), Teken Sembiring (47), Santun Siregar (25), Vitriani boru Napitupulu, Asran Lubis (21), dan Marudut Barisan Sihite (25).

3 korban luka adalah Sehat Sembiring (48) dan anaknya Surya Sembiring (21) warga Kabanjahe yang akan ziarah ke Desa Sukameriah di bagian atas di 2,7 km dari kawah Gunung Sinabung. Kemudian Doni Milala (60) warga Desa Sukameriah yang sedang menengok rumahnya setelah ditinggal mengungsi.

"Ketiga korban saat ini dirawat intensif di RS Evarina Etatham Kabanjahe, Karo," demikian Sutopo. (Sss/Ali)

Baca juga:

11 Korban Tewas Sinabung, ESDM: Taatlah, Jangan Malah Foto-foto

Nama 11 Korban Tewas Awan Panas Gunung Sinabung

BNPB: Maaf Salah, Korban Tewas Sinabung Bukan Lagi Reporter TVOne

11 Orang Tewas Kena Awan Panas Sinabung, Termasuk Reporter TVOne

Gunung Sinabung `Batuk`, 3 Warga Cedera Kena Awan Panas



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini