Sukses

[VIDEO] Wisata Bernuansa Gayeng di Kampung Halaman Jokowi

Solo tak cuma indah, kota kelahiran Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini juga lengkap dengan beragam keunikan khas masyarakat Jawa.

Solo tak cuma indah, kota kelahiran Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini juga lengkap dengan beragam keunikan khas masyarakat Jawa. Keramahan masyarakat Jawa terekam jelas di kota ini, bahkan di Pasar Gawok, pasar tradisional di Sukoharjo keramahan itu begitu kental.

Seperti ditayangkan Tim Liputan 6 SCTV, Sabtu (1/2/2014), tak ada jarak antara pedagang dan pembeli. Tak ada batas yang membuat mereka sulit akrab. Belanja atau tidak Anda yang masuk ke Pasar Gawok, pasar tua yang menyediakan aneka ragam dagangan ini bakal merasakan nuansa yang gayeng alias nyaman saat berada di dalamnya.

Galibnya pasar di pelosok tanah Jawa, Gawok cuma ramai pada hari tertentu. Saat jatuh Pasaran Pon dan Legi, apa pun harinya ketika itu pula lah Pasar Gawok menjadi riuh dengan pedagang gerabah dan pedagang ternak, serta si pandai besi.

Berkeliling di Pasar Gawok, kurang lengkap bila tidak menyantap Getuk kudapan khas masyarakat Jawa. Harganya cuma Rp 2 ribu per plastik. Orang Solo tak cuma dikenal ramah, kesenian tradisional juga hidup di sini.

Alunan yang merdu perlu alat musik berkualitas dan di Desa Linong, Bonang, Anda bisa belajar membuat alat musik gamelan. Setelah sebelumnya, bahan campuran Gamelan dilebur menjadi lempengan, langkah selanjutnya adalah menempa lempengan sesuai pitch yang diinginkan.

Proses ini merupakan yang paling sulit dan tidak bisa dilakukan sendirian. Gamelan harus diasah agar warna lebih mengkilap dan kotoran terlepas. Kini Gamelan siap dimainkan, proses njlimet (sulit) yang tidak sebentar menghasilkan harga gila-gilaan per set harga gamelan bisa sampai Rp 1 miliar.

Selain keseniannya, bulutangkis Indonesia yang sudah melegenda jelas dunia sudah tahu. Tapi Solo adalah produsen shuttlecock terbesar di Pulau Jawa. Boleh jadi cuma sedikit yang paham. Desa Makam Bergolo, Jerengan adalah saksi perjalanan olahraga bulutangkis tanah air di desa ini nyaris seluruh warganya adalah perajin kok. Selengkapnya simak video berikut. (Dan/Riz)

Baca juga:

Kabar Ada `Naga Raksasa`, Warga Ramai Kunjungi Retakan Misterius
[VIDEO] Imlek, Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Kawasan Puncak
[VIDEO] Ribuan Lampion Sambut Tahun Baru Imlek di Cina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini