Sukses

Marzuki Alie Ikut Gita Wirjawan Mundur?

Gita Wirjawan mengundurkan diri dari Menteri Perdagangan, apakah Marzuki Alie yang kini menjabat Ketua DPR bakal ikutan mundur?

Gita Wirjawan mengundurkan diri dari Menteri Perdagangan agar bisa fokus bertarung di Konvensi Capres Partai Demokrat. Ikut menjadi peserta Konvensi Demokrat, apakah Marzuki Alie yang kini menjabat Ketua DPR bakal ikutan mundur?

Marzuki menyatakan tidak. Alasannya, dia masih bisa membagi waktu dan mengurus kedua urusan, baik sebagai Ketua DPR maupun peserta Konvensi Demokrat.

"Begini, DPR itu beda dengan pemerintah. DPR itu nggak ada kerja eksekutif, mengeksekusi suatu program, mengurusi tender, membuat izin, menandatangani izin, kemudian mengevaluasi dan sebagainya," ujar Marzuki saat menghadiri Tasyakuran hari lahir NU ke-88 di Gedung PBNU, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, (31/1/2014).

Berbeda dengan tugas Gita sebagai menteri, tugasnya di lembaga legislatif lebih banyak berkutat pada hal yang bersifat politik. Karena itu, sambil menjalankan tugas legislatif, 'sekali dayung', dirinya dapat sekaligus mengkampanyekan diri sebagai peserta konvensi.

"DPR ini kan tugasnya, kerja politik, bertemu rakyat, sebagai legislator. Apalagi saya jubir DPR. Kan bisa sekali dayung, artinya manakala saya sosialisasi dengan tugas saya jubir DPR, kan orang akan tahu juga saya sebagai peserta konvensi. Walaupun saya tidak bcara," ujar Marzuki.

"Atau, ketika saya tak lakukan tugas DPR, saya mengurus, ikut dalam konvensi, seperti di kota Medan, Palembang, pada saat itu saya bisa mafaatkan sambil ikut konvensi dan juga kita bertugas DPR," lanjutnya.

Menurutnya, tugasnya di lembaga legislatif tidak bisa disamakan dengan tugas Gita dan para peserta konvensi capres lainnya yang saat ini menjabat sebagai menteri atau lembaga eksekutif lainnya.

"Konteksnya beda, DPR dan pemerintah, kalau pemerintah memang kalau ada hal yang harus diputuskan secara harian, itu memang sangat menganggu. Dan Pak Gita tak bisa ikuti acara di Palembang, dan itu, seperti Pak Sarudajang kan waktu di Palembang nggak ikut karena ada banjir di Manado," jelas Marzuki.

"Tugas pimpinan ya memang ke rakyat, bersosialsiasi, beri ceramah, ikut acara protokoler, tidak akan ada konflik di sana. Jadi antara tugas DPR dan status saya sebagai peserta konvensi nggak bersinggungan sama sekali, justru sinergi. Jadi harus dipahami, DPR kerja politik, bukan eksekusi," tandasnya. (Riz) 

Baca juga:

Gita Mundur, Marzuki Bicara Problem di Kemendag
Acung Jempol Elite Demokrat untuk Gita Wirjawan
Kata Marzuki sang Rival Konvensi PD soal Mundurnya Gita

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.