Sukses

[VIDEO] Petamburan Terendam Banjir Setinggi 70 Cm

Banjir yang merendam pemukiman di Petamburan, Jakarta Pusat, belum juga surut. Air setinggi sekitar 70 centimeter.

Ketinggian banjir di pemukiman Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga pagi tadi, masih cukup tinggi. Air bahkan sempat naik sekitar 70 centimeter.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (31/1/2014), sebagian warga mengeluhkan kondisi ini, dan mulai jenuh karena tidak bisa melakukan aktivitas apa pun selama banjir merendam rumah mereka.

Ketinggian banjir yang merendam kawasan Petamburan dikhawatirkan akan kembali naik. Sebab, curah hujan tinggi diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir Februari mendatang.

Banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang kemarin sempat mencapai ketinggian 4 meter lebih, hari ini surut menjadi 3 meter. Namun, petugas tetap menyiagakan perahu evakuasi di pinggiran Kali Ciliwung.

Meski banjir surut, hingga kini ribuan warga yang telah mengungsi selama 3 pekan terakhir memilih tetap berada di posko pengungsian di Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. Selama tinggal di pengungsian, anak-anak tetap sekolah mengenakan pakaian bebas. Jalan Jatinegara Barat pun sudah dibuka kembali, sehingga dapat dilalui oleh kendaraan.

Malam tadi, 1 unit MCK warga di Jalan Inspeksi, Menteng, Jakarta Pusat yang terdiri dari 2 tempat mandi, 1 tempat mencuci, dan 2 WC ambruk. MCK umum tersebut bahkan nyaris hanyut akibat tidak kuat menahan derasnya aliran Kali Ciliwung lama.

Itu terjadi setelah dibukanya Pintu Air Manggarai yang mengarah ke Kompleks Istana Kepresidenan. Warga terpaksa menggunakan MCK lain yang berjarak cukup jauh. Pemerintah diharapkan segera memperbaiki fasilitas umum tersebut agar bisa digunakan kembali. (Ans/Ein)

Baca juga:

Bendungan Katulampa dan Manggarai Siaga III
[VIDEO] Jalur Tebet-Kampung Melayu Terputus Akibat Banjir
[VIDEO] Akibat Banjir, Longsor Terjadi di Pesanggrahan dan Condet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini