Sukses

Soekarwo: Pernyataan Akil Tak Ganggu Pelantikan Gubernur Jatim

Rival Khofifah-Herman di Pilkada Jatim, yang kini menjadi Gubernur Jawa Timur Soekarwo menanggapi dingin pengakuan Akil.

Pengakuan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar terkait pemenang sengketa Pilkada Jawa Timur yang ditangani MK cukup mengejutkan. Mantan politisi Golkar yang menjadi tersangka suap itu menyebut pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja merupakan pemenang sengketa Pilkada Jawa Timur.

Rival Khofifah-Herman di Pilkada Jatim, yang kini menjadi Gubernur Jawa Timur Soekarwo menanggapi dingin pengakuan Akil. Soekarwo menegaskan, keputusan sidang gugatan pilkada Jatim sudah final dan tidak bisa diganggu gugat.

"Saya tegaskan, keputusan itu sudah final dan mengikat," kata Soekarwo di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/1/2014).

Soekarwo juga sangat yakin, pengakuan Akil tidak akan mempengaruhi pelantikan dirinya bersama Wakil Gubernur terpilih Saifullah Yusuf pada Februari mendatang.

"Saya rasa komentar Pak Akil tidak akan mengganggu pelantikan gubernur terpilih pada 12 Februari mendatang," ujar pria yang karib disapa Pakde Karwo ini.

Akil akhirnya mengakui pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja sebenarnya merupakan pemenang sengketa Pilkada Jawa Timur di MK. Sebab, 2 dari 3 hakim panel memenangkan Khofifah. "Di panel putusannya 2-1. Di panel itu yang menangkan Bu Khofifah," kata Akil di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis siang. (Ism/Yus)

Baca juga:
Akil Mochtar: Khofifah Pemenang Sengketa Pilkada Jatim, 2:1
Kronologi MK Tolak Gugatan Pilkada Jatim Khofifah


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini