Sukses

Pukul 15.00 WIB Banjir di Kampung Melayu Capai Titik Maksimum

BPBD DKI memperkirakan genangan di daerah Kampung Melayu dan sekitarnya akan mencapai maksimum ketinggian air pada pukul 15.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan, ketinggian air di kali Ciliwung kawasan kampung Melayu Jatinegara, Jakarta Timur akan mencapai ketinggian maksimal petang ini.

"Berdasarkan statistik tinggi muka air yang tercatat diperkirakan genangan air di daerah Kampung Melayu dan sekitarnya akan mencapai maksimum ketinggian air pada pukul 15.00 WIB," ujar Kepala Seksi Informatika Bambang Suryaputra, dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Kamis (30/1/2014).

Bambang mengatakan, naiknya ketinggian air di Kali Ciliwung secara drastis disebabkan curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak Bogor sejak kemarin malam. Hal itu mengakibatkan ketinggian muka air meningkat drastis di Bendungan katulampa hingga mencapai 230 sentimeter.

Tinggi air di Katulampa itu sempat menyenggol status Siaga I. Kemudian di pintu air Depok mencapai ketinggian 380 centimeter juga di level Siaga I.

Untuk itu, Bambang mengimbau agar warga yang tinggal di sepanjang lokasi ini untuk bersiap. Lokasi-lokasi itu yakni:
- Kali Ciliwung
- Kali Ciliwung Lama (Kwitang, Gunung Sahari hingga Ancol)
- Kali Banjir Kanal Barat

"Warga yang masih bertahan juga diminta untuk segera mengungsi karena air yang masuk cukup tinggi," kata dia. (Adm/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini