Sukses

Jakarta Rawan Longsor, Ahok: Makanya Harus Berani Ngusir

Beberapa titik di Ibukota seperti Kelurahan Cawang, Pesanggrahan, dan Condet, telah mengalami lonsor akibat tanah yang tergerus air.

Tidak hanya banjir, Jakarta ternyata juga rawan longsor. Beberapa titik di Ibukota seperti Kelurahan Cawang, Pesanggrahan, dan Condet, telah mengalami lonsor akibat tanah yang tergerus air.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui potensi longsor tersebut. Sebab, kawasan itu merupakan bantaran sungai yang digunakan sebagai pemukiman liar.

"Makanya kita harus berani ngusir. Rumah-rumah yang bahaya itu harusnya nggak dibangun. Kita sih musti pasang turap-turap nanti," tegas Basuki alias Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Hanya, pemasangan turap tidak dapat dilakukan segera karena masih adanya penolakan warga untuk pindah dari bantaran sungai. Mereka berdalih memiliki hak karena sudah mendiami rumah itu selama puluhan tahun. Padahal untuk membangun turap, daerah pinggiran sungai harus bersih dari rumah-rumah liar.

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun mengakui permasalahan yang cukup pelik di Jakarta adalah maraknya pemukiman tanpa izin mendirikan bangunan (IMB) di lahan yang bukan diperuntukkan bagi hunian warga.

"DKI itu kan tidak ada IMB, orang bangun. Kita mau tegasin, mereka alasannya udah tinggal 30-40 tahun. Nah, abis longsor mereka pasti tidak berani," kata Ahok. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini