Sukses

Badai Salju Atlanta Telan 13 Nyawa, 6 Bagian AS Berstatus Darurat

Terjangan badai salju di Amerika Serikat berimbas buruk di pedalaman bagian Selatan negara itu.

Terjangan badai salju di Amerika Serikat berimbas buruk di pedalaman bagian Selatan negara itu. Menyebabkan 13 orang tewas, dan menciptakan malapetaka bagi jutaan orang di negara pimpinan Obama.

Dilansir dari USA Today yang dimuat Liputan6.com, Kamis (30/1/2014), kondisi tersebut mau tak mau membuat 6 negara bagian di AS menyatakan keadaan darurat dan mengkritik Dinas Cuaca Nasional atas ramalannya.

Mereka menyalahkan negara pada Layanan Cuaca yang dianggap tidak tanggap, karena memperkirakan badai akan menerjang jauh ke arah selatan. Jadi mereka sama sekali tak melakukan persiapan dengan kedatangan badai itu.

Namun menurut Marshall Shepherd, seorang ahli meteorologi dengan University of Georgia dan presiden dari American Meteorological Society mengatakan, tidak ada ahli meteorologi maupun perkiraan cuaca untuk daerah Atlanta yang harus disalahkan. Karena itu adalah kondisi alam.

Kesepakatan mengumumkan keadaan darurat untuk Georgia, diikuti dengan Alabama, Mississippi, Louisiana, North Carolina dan South Carolina.

Akibat kondisi tersebut, Gubernur Georgia Nathan Deal pun menyiapkan sejumlah pasukan untuk bersiaga sejak Rabu 29 Januari untuk menyelamatkan para pengendara di Atlanta yang terdampar --terkepung oleh timbunan salju. Mereka terdampar tak bisa keluar dari kendaraan, sementara mobil-mobil lainnya ditinggal pemiliknya. Bak parkiran massal.

Pada Selasa 28 Januari, salju setebal 2,6 inci menyelimuti jalan-jalan di Atlanta. Kondisi itu baru pertama kali terjadi di Atlanta. Sehingga lalu lintas pun lumpuh. Bak mimpi buruk, para penumpang, sopir truk, mahasiswa dan keluarga mereka tak menyangka akan terjebak di jalan. Ratusan penerbangan di Bandara Internasional Hartsfield, salah satu bandara tersibuk, juga terpaksa dibatalkan.

Beberapa penumpang di wilayah metro Atlanta pun memohon bantuan melalui ponsel, sementara mereka bersembunyi di mobil mereka. Sedangkan yang lainnya ada yang pasrah dan bersikeras kembali ke rumah dengan berjalan kaki.

Sekitar 2.000 anak-anak di sekolah-sekolah di Atlanta, Fulton, Cobb dan Douglas County pun akhirnya dievakuasi. Mereka dipulangkan.

Sedikitnya 9 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas, termasuk 5 di Alabama, 2 di North Carolina dan 1 di Florida. 4 Orang, termasuk seorang bayi tiga bulan, yang tewas Selasa pagi di Mississippi dekat Fulton dalam kebakaran akibat pemanas ruangan yang rusak. (Tnt)

Lihat juga:

[VIDEO] Keindahan di Balik Badai Salju Amerika Serikat
[VIDEO] Cuaca Ekstrem Juga Hantam Sejumlah Negara di Dunia
AS `Diserang` Badai Salju Ekstrem Lagi, Ribuan Penerbangan Batal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.