Sukses

[VIDEO] Tanah Ambles di Bogor dan Cianjur, Ratusan Rumah Hancur

Selain rumah, beberapa fasilitas umum seperti masjid dan sekolah juga rusak cukup parah. Lebih dari 200 warga sudah mengungsi.

Puluhan rumah warga rusak berat, menyusul longsor dan pergeseran tanah yang terjadi di Bogor dan Cianjur, Jawa Barat. Akibat peristiwa ini, ratusan warga kehilangan tempat tinggal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (30/1/2014), rumah warga di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat miring akibat tanah di bawahnya mengalami pergeseran.

Hujan deras disertai angin kencang yang terus mengguyur beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah di kampung ini bergeser dan longsor pada Rabu 29 Januari 2014 pagi. Puluhan rumah lain dan mushala juga rusak dengan kemiringan yang membahayakan.

Meski tidak ada korban jiwa, ratusan warga harus kehilangan tempat tinggal. Mereka terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Pergeseran tanah juga membuat jalan desa yang menghungbungkan 2 kecamatan yakni Sukamakmur dan Citeureup terputus. Patahan jalan yang menganga besar dan dalam membuat distribusi bantuan terhambat.

Longsor akibat kondisi tanah yang labil juga terjadi di Desa Cirama Girang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tanah yang menjadi pondasi rumah warga terus bergerak saat hujan tak henti mengguyur wilayah ini. Lebih dari 50 rumah warga rusak, bahkan beberapa di antaranya sudah ambruk.

Pergerakan tanah terus berlangsung hampir setiap jam, tapi yang berakibat longsor paling parah terjadi pada Selasa malam. Warga mulai meninggalkan rumah karena khawatir longsor meluas.

Selain rumah, beberapa fasilitas umum seperti masjid dan sekolah juga rusak cukup parah. Lebih dari 200 warga sudah mengungsi ke gedung sekolah atau rumah kerabat mereka. Hingga kini pemerintah daerah setempat belum berencana untuk merelokasi warga. (Rmn/Ado)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.