Sukses

Ketinggian Air Ciliwung Meningkat, Katulampa Siaga III

Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung malam ini mengalami peningkatan signifikan mencapai 130 centimeter atau Siaga III banjir.

Petugas penjaga pintu air Bendungan Katulampa menginformasikan ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung mengalami peningkatan signifikan mencapai 130 centimeter atau Siaga III banjir.
    
Kenaikan air cukup signifikan baru terjadi pukul 22.00 WIB setelah sejak pagi hingga pukul 21.20 WIB ketinggian air di Bendungan Katulampa berada di posisi Siaga IV banjir yakni 90 centimeter.

"Air baru datang pukul 22.00 WIB, ketinggian saat ini 130 centimeter, kita tetapkan siaga 3 banjir," ujar Andi Sudirman, petugas penjaga Bendungan Katulampa di kantornya, Rabu (29/1/2014) malam.

Andi mengatakan, saat ini situasi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih diguyur hujan gerimis yang merata di setiap wilayah. Diperkirakan ada potensi kenaikan air.

"Kami setiap 30 menit melaporkan informasi ketinggian air kepada petugas pintu air lainnya, yakni Depok dan Manggarai. Kami siaga 24 jam hari ini," ujar Andi.
    
Kenaikan permukaan air di Bendungan Katulampa seiring dengan intensitas hujan yang terus terjadi di kawasan Puncak selama satu hari. Hujan mengguyur Kota dan Kabupaten Bogor, termasuk kawasan Puncak sejak Rabu dini hari. Hujan yang turun memiliki jeda, terkadang turun terkadang berhenti. Kondisi demikian sudah terjadi sejak pagi hingga malam hari ini.

Sudah hampir dua pekan sejak hujan terus mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, termasuk Puncak, status di Bendungan Katulampa bertahan di siaga banjir. Ketinggian air tertinggi terjadi Jumat 17 Januari lalu yang mencapai 180 centimeter atau siaga 2 banjir. (Ant/Ado)

Baca juga:

Waspada Jalan Daan Mogot, Banjir dan Berlubang
Titik-titik Banjir Jalanan Jakarta Rabu Petang
Korban Banjir Jakarta Bisa Dapatkan Air Bersih di 10 Posko

Longsor di Condet, 5 Rumah Warga Ambruk
Jakarta Masih Banjir, Ahok: Kalau Kami Gagal, Jangan Pilih Lagi



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.