Sukses

Jadwal Pelantikan Presiden-Wapres Terpilih Sudah Ditetapkan

Hasil pemilu diumumkan pada 5 Oktober dengan asumsi pemilu berlangsung dua putaran. Setelah semua masalah diselesaikan, presiden dan wapres terpilih akan dilantik pertengahan Oktober.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah, DPR, Komisi Pemilihan Umum, dan Mahkamah Konstitusi telah menetapkan jadwal baru pengumuman hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta pelantikan presiden dan wapres terpilih. Jadwal itu ditetapkan dalam sebuah rapat di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (1/7). Rapat dihadiri MK Jimly Asshiddiqie selaku tuan rumah, Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan ad interim Hari Sabarno perwakilan pemerintah, dan anggota KPU serta wakil pimpinan MPR/DPR.

Ada dua agenda dalam rapat itu, yaitu penetapan jadwal pengumuman hasil pemilu dan teknis penyelenggaraan pelantikan. Rapat kemudian menyetujui pengumuman hasil pemilu pada 5 Oktober dengan asumsi, pemilu berlangsung dua putaran. Setelah semua masalah diselesaikan, presiden dan wapres terpilih akan dilantik pertengahan Oktober. Dengan demikian, kabinet demisioner tidak akan berlangsung lama. Sesuai jadwal, berakhirnya masa pemerintahan sekarang adalah sampai September 2004. Sementara teknis penyelenggaraan pelantikan, rapat sepakat menyerahkannya pada masing-masing lembaga.(DEN/Budi Rahmat dan Amar Sudjarwadi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini