Sukses

PDIP: Elite Partai Jangan Phobia Jokowi Effect

Sikap phobia Jokowi effect sangat kontra produktif bagi peningkatan kualitas sistem kepartaian dan pertumbuhan demokrasi.

Elektabilitas Jokowi masih terus moncer pada sejumlah survei. Tingginya elektabilitas itu harus dinilai positif oleh PDIP. Karena itu, elite dan kader PDIP tak perlu risau dengan phobia Jokowi effect yang saat ini ada kendati tentu berdampak positif.
 
"Elite dan kader PDI Perjuangan tidak perlu risau dengan dukungan publik terhadap Jokowi. Jangan sampai dihantui Jokowi Effect Phobia," kata Koordinator Nasional PDI Perjuangan Projo, Budi Arie Setiadi dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2014).
 
Alasan Budi, saat ini masyarakat tahu bahwa Jokowi adalah kader yang dibesarkan PDIP. Jokowi sendiri merupakan kader yang loyal dan tidak lupa kacang akan kulitnya. "Saya yakin semua partai politik merindukan kader nya mampu mengambil hati rakyat lewat kinerjanya baik di eksekutif dan legislatif," ucapnya.
 
Budi menilai, sikap phobia Jokowi effect sangat kontra produktif bagi peningkatan kualitas sistem kepartaian dan pertumbuhan demokrasi. Hal itu juga dinilai sebagai bentuk keminderan yang terorganisir, padahal sebagai Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri sangat bangga dengan kader-kadernya yang berprestasi.
 
"Pemilu 2014 adalah pertaruhan nasib bangsa dan rakyat. Kepentingan bangsa di atas segala kepentingan kelompok dan pribadi," jelas dia.      
 
Jokowi effect, lanjut Budi, merupakan effect positif yang harusnya dirindukan semua partai politik di Indonesia. Sebab, siapa pun akan memperoleh kesempatan yang sama untuk maju sebagai pemimpin bangsa, negara, atau pemimpin daerah sekalipun.
 
Lantas bagaiaman jika DPP PDIP akan tetap mengusung Megawati sebagai capres? "Sebagai kader partai yang baik, seluruh kader PDI Perjuang harus dan pasti menghormati Ketua umumnya. Tapi 'memaksakan' Ketua Umum menjadi capres adalah bentuk dan upaya sistematis untuk membenturkan Bu Mega dengan rakyat," jawab Budi. (Ali)

Baca juga:

Survei: Yang Bisa Kalahkan Jokowi Hanya Jokowi Sendir
Survei PDB: Elektabilitas Jokowi Menurun
Survei SMRC: Jokowi Jadi Presiden Jika Pilpres Sekarang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PDIP

Video Terkini