Sukses

Katulampa Bertahan Siaga 4 Petang Ini

Meski begitu, saat ini air sedang menuju ke Jakarta yang diperkirakan tiba 12 jam kemudian.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Rabu dini hari mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat meningkat. Namun hingga pukul 17.30 WIB ketinggian air itu menurun hingga 80 cm atau siaga 4. Meski begitu, volume air itu diprediksi akan meningkat lantaran cuaca di wilayah Bogor hingga petang ini masih hujan dalam intensitas ringan.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian air di Sungai Ciliwung mengalami naik-turun sejak pukul 08.00 WIB. "Dari puncak turun hujan dari pagi tadi," jelas Andi kepada Liputan6.com di Bogor,Rabu (29/1/14).

Andi melanjutkan, bahkan ketinggian air di Bendung Katulampa sempat menyentuh angka 90 cm pada pukul 09.00 WIB. Namun menurun kembali ke angka 80 cm pada pukul 15.00 WIB. Kemungkinan arus air ini akan tiba di Jakarta malam nanti.

"Debit air di aliran sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu, warga yang berada di pinggiran sungan Ciliwung agar berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelasnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung. (Ali/Ism)

Baca juga:

Waspada Jalan Daan Mogot, Banjir dan Berlubang
Titik-titik Banjir Jalanan Jakarta Rabu Petang
Korban Banjir Jakarta Bisa Dapatkan Air Bersih di 10 Posko

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.