Sukses

PKS Resmi Mendukung Amien-Siswono

Liputan6.com, Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mendukung pasangan Amien Rais dan Siswono Yudo Husodo sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilihan Umum Eksekutif, 5 Juli mendatang. Keputusan ini sekaligus menjadi rekomendasi kepada seluruh simpatisan dan kader PKS. Dukungan tersebut diambil setelah menggelar pertemuan Majelis Syuro PKS di Jakarta, Selasa malam tadi. Demikian dinyatakan Presiden PKS Hidayat Nur Wahid di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS di Jakarta, Rabu (30/6) siang.

Hidayat menjelaskan, Amien-Siswono mendapat dukungan karena dinilai berlatar belakang reformis, demokratis, dan islami. Selain itu, Amien juga dinilai berani menandatangani kontrak politik dengan mahasiswa. Amien juga satu-satunya capres yang dinilai PKS dapat menindak korupsi dengan tegas. Hal ini mengacu pada eksekusi Amin pada anggota DPRD Sumatra Barat.

Namun, Hidayat mengingatkan kepada pasangan ini bahwa kekuasaan dan kepemimpinan yang disandang kelak adalah amanah, ibadah, dan dakwah yang harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat. Hidayat juga mengakui, keberpihakkan PKS ini seharusnya sudah lama diutarakan. Alasannya, partainya perlu menyatukan pandangan sebagian petinggi PKS yang sebelumnya bercabang mendukung kandidat masing-masing [baca: PKS Akan Merekomendasikan Pasangan Capres-Cawapres]. Sebelumnya, konsentrasi dukungan PKS memang terbagi Kepada Amien yang dimotori Hidayat dan Wiranto yang dimotori oleh Sekretaris Jenderal PKS Muhammad Anis Matta.

Anis menyatakan, penyatuan dukungan PKS melalui proses musyawarah yang objektif dan konstruktif. Anis yakin, dukungan PKS menambah suara yang cukup banyak kepada Amien. &quotbegitu satu keputusan keluar, semua orang akan tunduk terhadap keputusan itu,&quot Ujar Anis. Namun, dia mengingatkan, baik Wiranto maupun capres lain tak boleh diremehkan. Sebagai pribadi, Anis menyatakan sangat memahami masalah dukungan tersebut.

Dukungan buat Amien-Siswono karena dianggap memenuhi kriteria religi pun pernah disuarakan ulama besar Betawi, Kiai Haji Abdul Rasyid Abdullah Syafei [baca: Pimpinan As-Syafi`iyah Mendukung Amien Rais]. Menurut Pemimpin Umum Yayasan Perguruan Islam As-Syafi`iyah itu, kedua kandidat memenuhi kriteria dakwah islamiyah. Namun, dukungan tersebut akan dicabut jika capres dari Partai Amanat Nasional itu dinilai tidak memperjuangkan aspirasi Islam.(ZAQ/Rafael Setyo)
    Artikel Selanjutnya
    Agus Yudhoyono Mengaku Rindu Blusukan di Jakarta
    Artikel Selanjutnya
    Ahok Tetap di Depok