Sukses

`Superpope` Paus Fransiskus Jadi Cover Majalah Rolling Stone

Saat ini juga muncul gambar 'SuperPope' di sekitar Vatikan. Paus Fransiskus berpose ala Superman.

Ia mengguncang kemapanan Vatikan dengan menerabas berbagai tradisi kepausan, mendeklarasikan diri sebagai 'Paus milik rakyat'. Jorge Mario Bergoglio menunjukkan kelembutannya ketika berinteraksi dengan sesama manusia dari beragam latar belakang. Sebaliknya, ia lantang mengecam para koruptor dan praktik aborsi.

Dan kini, pria bergelar Paus Fransiskus menjadi penguasa Tahta Suci Vatikan pertama yang tampil di sampul majalah Rolling Stone.

Di halaman muka, terpampang foto besar Paus Fransiskus, tersenyum jenaka dan melambaikan tangannya. Ada tulisan "Pope Francis:  The times they are a-changin".

Di dalam majalah terdapat artikel feature yang terdiri atas 7.700 kata, yang ditulis editor Mark Binelli. Artikel itu berjudul  'Inside the Pope's gentle revolution' -- menguak revolusi lembut Sang Paus.

Seperti Liputan6.com kutip dari Rolling Stone, Rabu (29/1/2014), Binelli mendapatkan akses khusus ke Vatikan untuk membuat artikelnya yang menelaah perubahan radikal yang dilakukan Paus Fransiskus.

Paus asal Argentina tersebut terkenal dengan hidupnya yang sederhana, menolak istana megah kepausan dan memilih tinggal di sebuah flat berkamar dua.

"Kurang dari setahun setelah dilantik sebagai Paus, Fransiskus telah berbuat banyak -- yang membedakan dia dengan paus-paus sebelumnya dan menetapkan hatinya menjadi 'Paus milik rakyat'," tulis Binelli.

Artikel Rolling Stone berisi banyak sisi lain tentang Fransiskus. Salah satunya menceritakan lelucon saat ia menggelar pertemuan dengan para kardinal sesaat setelah terpilih. "Semoga Tuhan mengampuni Anda untuk apa yang telah Anda lakukan," itu yang dikatakan Paus Fransiskus pada para kardinal yang memilihnya.

Binelli mengatakan, terpilihnya Paus Fransiskus adalah angin segar setelah 'bencana' kepausan Benediktus XVI yang teramat kaku. "Kemampuan alami Fransiskus tersenyum di depan publik seakan sebuah keajaiban kecil."

Sebelumnya, Majalah Time menobatkan Paus Fransiskus sebagai Person of the Year 2012.

"Apa yang membuat Paus begitu istimewa adalah gerak cepatnya yang menangkap imajinasi jutaan orang yang sebelumnya berhenti berharap pada gereja," kata Time dalam cerita sampulnya, seperti Liputan6.com kutip dari USA Today, Rabu 11 Desember 2013.

Paus Super!



Penghargaan Person of the Year 2012 dan muncul dalam gambar muka Rolling Stone seakan belum cukup.

Saat ini muncul gambar 'SuperPope' di sekitar Vatikan. Gambar kartun itu menunjukkan Paus Fransiskus memakai jubah putih dan kacamatanya berpose ala Superman. Terbang di udara dengan satu tangan mengepal di depan.

Paus dilukiskan membawa tas bertulis 'Valore' atau 'nilai-nilai' (value) dalam Bahasa Spanyol.

Belum jelas siapa seniman di balik gambar tersebut. Ia diidentifikasi sebagai Maupal.

"Kami berbagi dengan Anda sebuah grafiti yang ditemukan di sebuah jalan di Roma dekat Vatikan," demikian pegumuman Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial  Tahta Suci dalam laman Twitter resminya, seperti Liputan6.com kutip dari NDTV. (Ein/Sss)

Baca juga:

`Person of the Year` 2013 Majalah Time : Paus Fransiskus
Merpati Perdamaian Paus Fransiskus Diserang Burung Gagak
Paus Fransiskus: Internet Hadiah dari Tuhan, Tapi...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini