Sukses

[VIDEO] Diguyur Hujan, Pati-Kudus Tergenang Lagi

Kepungan banjir juga mengakibatkan akses jalan terputus.

Belum sempat kering, hujan kembali membasahi daerah Pati, Jawa Tengah sepanjang Selasa 28 Januari kemarin. Akibatnya, banjir yang belum sepenuhnya surut kembali bertambah tinggi. Dari pantauan udara, banjir masih merendam puluhan desa memutus akses jalan dan memicu terjadinya kemacetan panjang.

Akibatnya, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (29/1/2014), banjir pun lagi-lagi bertambah tinggi. Dari udara, areal persawahan di Kecamatan Jakenan, Gabus, Kayen dan Sukolilo masih terendam. Di kawasan tersebut banjir juga menggenangi permukiman warga.  

Kepungan banjir juga mengakibatkan akses jalan terputus. Kondisi ini dimanfaatkan sebagian warga untuk mendirikan tenda pengungsian di jalan, namun kepungan banjir juga membuat mereka sulit dijangkau bantuan.

Putusnya akses jalan di beberapa titik, juga berdampak pada lalu lintas kendaraan. Jalur Pantura yang menjadi nadi perekonomian tidak luput dari genangan banjir. Bahkan, putusnya ruas Pati-Kudus mengakibatkan kemacetan panjang tidak kurang dari 10 km.

Para pengemudi termasuk pengemudi truk ekspedisi tidak berani menerjang banjir yang bisa mencapai 1 meter itu meski itu berarti pengeluaran ekstra.

Hingga Selasa sore, jalur Pantura-Pati masih lumpuh. Arus kendaraan baik dari Kudus menuju Rembang dan sebaliknya hanya bisa dilalui dengan perlahan karena genangan air yang masih tinggi di sekitar Ngembal dan jembatan Tanggulangin. (Rmn/Mvi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini