Sukses

Mayat Tanpa Kepala Diduga Penumpang KM Sahabat Ditemukan

Awalnya jenazah terlihat mengambang di dekat pantai Pulau Pari atau kurang lebih 10-15 mill dari pelabuhan Tanjung Priok.

Anggota Polres Kepulauan Seribu yang ikut dalam pencarian korban tenggelam KM Sahabat di pulau Damar atau 22 mil dari breakwater Pelabuhan Tanjung Priok berhasil menemukan dan mengangkat 1 jenazah laki-laki pada Senin 27 Januari 2014 kemarin.

Awalnya jenazah terlihat mengambang di dekat pantai Pulau Pari atau kurang lebih 10-15 mil dari pelabuhan Tanjung Priok oleh nelayan yang berada di dekat pantai tersebut. Jenazah yang berhasil diangkat memiliki ciri-ciri tinggi 165 cm dengan celana dalam warna cokelat dan tengkorak kepala sudah lepas. Selain itu, tubuh korban juga sudah bengkak dan berwarna biru. Penyebabnya diduga karena lama terendam di dalam air.

Meski demikian, Kapolres Pulau Seribu AKBP Johanson Ronald mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah jenazah tersebut merupakan salah satu penumpang KM Sahabat. Pasalnya mayat tersebut harus melalui proses identifikasi tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Metro Jaya.

"Setelah teridentifikasi, akan dicocokkan dengan data laporan yang sudah tercatat beberapa hari ini," ujar Johanson di Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Dia menjelaskan, upaya pencarian juga masih dilakukan di sekitar laut dan pantai Kepulauan Seribu. Namun cuaca dan ombak besar membuat pencarian ke lokasi karamnya kapal cukup terganggu.

Selain itu, kata Johanson, Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok juga belum merekomendasikan upaya penelusuran dan penyelaman ke titik tenggelamnya kapal tersebut.

"Karena laporan cuaca apa segala macam itu kan dapat infonya dari Syahbandar. Nah selama belum ada arahan, kami belum bisa ke lokasi," jelas Johanson.

Badan SAR Nasional (Basarnas) baru-baru ini menemukan salah satu korban KM Sahabat berjenis kelamin wanita. Namun jenazah tersebut langsung dikenali dan dibawa ke RS Pelabuhan oleh sang adik yang kebetulan menjadi korban selamat dari peristiwa tenggelamnya kapal itu. Untuk saat ini pencarian masih dititikberatkan di sekitar kepulauan Seribu. (Riz/Yus)

Baca juga:

Syahbandar Tanjung Priok: Korban Hilang KM Sahabat 9 Orang
Penyebab Tenggelamnya KM Sahabat
Detik-detik Tenggelamnya KM Sahabat
Sempat Dirawat, 6 Korban Selamat KM Sahabat Dipulangkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini