Sukses

[VIDEO] Zona Merah Erupsi Gunung Sinabung, Desa Ini Kelabu

Debu vulkanik setebal 7 centimeter kini menyelimuti seluruh daerah itu Sejauh mata memandang, seluruh desa nampak kelabu.

Abu vulkanik Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, telah meratakan sejumlah rumah di sekitarnya. Zona merah pun ditetapkan di radius sepanjang 3 kilometer.

Meski berbahaya, namun tetap saja banyak warga yang nekat memasuki zona merah Gunung Sinabung, yakni Desa Sigarang-garang, Kecamatan Naman Teran. Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (26/1/2014), sebagian besar rumah telah roboh oleh debu.

Debu vulkanik setebal 7 centimeter kini menyelimuti seluruh daerah itu Sejauh mata memandang, seluruh desa yang sudah tak berpenghuni itu berwarna abu-abu. Tanaman-tanaman yang mestinya berwarna hijau saja pun tampak kelabu.

Seharusnya, warga tak berada di zona merah ini, dan tetap berada di zona aman atau radius 6 kilometer. Tapi tetap saja masih ada warga yang nekat memasuki kawasan ini.

Mereka mengaku ingin mengecek kondisi rumah mereka yang ditinggalkan. Atau ada juga yang sekadar berfoto-foto. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini