Sukses

Kapolri: 80 Orang/Hari Meninggal Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Korban kecelakaan lalu lintas lebih banyak daripada korban perang teluk.

Sebanyak 25.000 lebih jiwa di Indonesia meninggal pada 2013, atau turun dibandingkan 2012 yang mencapai 27.000 jiwa meninggal. Angka itu membuat rata-rata meninggal dunia akibat kecelakaan sekitar 80 orang per hari.

Data tersebut dipaparkan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dalam acara pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (26/1/2014).

"WHO telah mencanangkan dekade keselamatan di jalan raya mengingat tingginya angka kecelakaan jalan raya," ujar Sutarman.

WHO mencatat 1,2 juta jiwa meninggal dunia dalam kecelakaan jalan raya setiap tahunnya dan 50 juta orang korban kecelakaan mengalami luka serius dan cacat tetap. Kondisi ini lebih tinggi daripada korban perang. Dalam 8 tahun perang teluk, korban meninggal 1,2 juta jiwa, atau sekitar 150.000 per tahunnya.

Hal inilah, menurut dia, yang mendorong WHO mencanangkan gerakan dekade keselamatan jalan raya pada tahun 2011--2020 dengan target mengurangi 50 persen.

Menurut Sutarman, Polri terus meningkatan upaya mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya mendorong pengetahuan tentang keselamatan di jalan raya kepada masyarakat melalui sekolah-sekolah dan kampus, memperbaiki mekanisme pembuatan surat izin mengemudi, serta memperbaiki analisis data-data kecelakaan.

Pencanganan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas tersebut juga merupakan upaya lebih lanjut untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya. Pencanangan tersebut juga dilakukan serentak di seluruh polda di Indonesia. (Ant/Mvi/Ism)

Baca juga:

SBY: Kecelakaan Lalu Lintas, Semua Bertanggung Jawab
Tabrakan, Truk dan Mini Bus Terbakar di Tol Cikarang
Xenia Terbakar di Jalan Sudirman, Orang-orang Berlarian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini