Sukses

Masjid yang Kosong Tiba-tiba Bergerak-gerak, Lalu Ambruk

Peristiwa ambruknya masjid tersebut juga menyebabkan sebuah teras rumah yang berada di sebelahnya rusak.

Gempa 6,5 SR yang melanda Kebumen, Jawa Tengah menyebabkan Masjid Jami At-Taqwa di Desa Kranggan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah Ambruk. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, karena jemaah masjid telah selesai menunaikan ibadah salat zuhur.

"Usai selesai salat zuhur, masjid kosong. Terus tiba-tiba semua bergerak-gerak dan masjid dengan cepat ambruk," kata saksi mata, Palupi Andriani di Banyumas, Sabtu (25/1/2014).

Peristiwa ambruknya masjid tersebut juga menyebabkan sebuah teras rumah yang berada di sebelahnya rusak karena ikut tertimpa bangunan masjid yang roboh.

"Sekitar jam 12 lebih ada gempa sedikit-sedikit makin kencang, tahu-tahu .. Bruk! langsung ambruk keras banget. Untung sudah keluar semua," ujar Rizal, warga sekitar.

Pujiantoro, Kepala Desa Kranggan menuturkan, kejadian ambruknya Masjid Jami At-Taqwa terjadi pada Sabtu siang sekitar pukul 12.15 WIB. Gempa menyebabkan pilar penyangga masjid tidak stabil hingga akhirnya ambruk.

"Ada gempa, tidak ada aktivitas salat hanya rumah sebelah saja yang terkena, saat gempa langsung rubuh," ujarnya.

Saat ini warga bersama pihak kepolisian, Koramil serta perangkat desa setempat masih berkoordinasi untuk membersihkan sisa puing-puing bangunan masjid yang ambruk.

Informasi sementara yang diperoleh dari Trantib Kecamatan Pekuncen, pasca-gempa terdapat, 1 masjid dan 1 rumah ambruk di Desa Kranggan. Sedangkan di Desa Tumiyang 17 rumah rusak, Pesiraman Lor 10 rumah, Karang Klesem 6 Rumah. (Riz/Ein)

Baca juga:

Gempa 6,5 SR Guncang Kebumen, Jakarta Ikut Bergoyang
Gempa Kebumen Bikin Kepala Warga Yogyakarta Pusing
Gempa Kebumen Terpantau Badan Survei Geologi Amerika Serikat
Serambi Masjid Roboh Akibat Gempa Sesaat Setelah Azan Zuhur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.