Sukses

Ekspresi Kebersamaan dalam Tarian Aceh

Umumnya kesenian Aceh dipengaruhi seni Islam dan Mediterania yang berakultrurasi dengan budaya Melayu. Kesenian rakyat khususnya tari berkembang sebagai ekspresi masyarakat yang lugas dan terbuka.

Liputan6.com, Jakarta: Seperti daerah lain di Tanah Air, Nanggroe Aceh Darussalam juga menyimpan tradisi dan seni. Umumnya, kesenian di Serambi Mekah sangat dipengaruhi seni Islam dan Mediterania yang berakultrurasi dengan budaya Melayu. Di Tapak Tuan, Aceh Selatan, misalnya. Kesenian rakyat khususnya seni tari berkembang sebagai ekspresi masyarakat setempat yang lugas dan terbuka. Ini tampak pada pargelaran kesenian Aceh di Jakarta, baru-baru ini.

Contohnya, Sedati, salah satu tarian yang terkenal di Tanah Rencong. Dari gerak nan rampak, kesan yang tertangkap adalah keterbukaan, semangat, dan kelugasan. Suatu sifat yang umum dimiliki orang Aceh. Tak heran, jika tari Sedati kerap dikatakan sebagai simbol masyarakat Aceh. Ada juga tari Bungong Pala. Tarian ini menggambarkan kegembiraan perempuan di Aceh Selatan ketika panen buah pala tiba. Seperti umumnya tarian dari Aceh, keserampakan sebagai simbol rasa kebersamaan juga dijumpai pada tarian ini.(ORS/Fransambudi dan Jhoni Akbar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini