Sukses

Volume Banjir Kanal Barat Semarang Siaga I

Menurut penjaga Pintu Air Banjir Kanal Barat Semarang, Didik, permukaan air naik sangat cepat.

Volume air di Sungai Banjir Kanal Barat Semarang, Jawa Tengah, berstatus Siaga I setelah tinggi permukaan air mencapai 173 centimeter pada siang tadi. Kenaikan permukaan air sudah terjadi sejak hari Rabu 22 Januari kemarin.

Menurut penjaga Pintu Air Banjir Kanal Barat Semarang, Didik, permukaan air naik sangat cepat. Kamis pagi, permukaan air terpantau masih 50 centimeter. Sedangkan arus air sangat deras.

"Subuh tadi saya ngecek masih pada kisaran 50-an centimeter. Kemudian 120 centimeter, terus naik sampai 150 centimeter dan terakhir 170-an centimeter," kata Didik di Pintu Air Banjir Kanal Barat Semarang, Kamis (23/1/2014).

Meskipun masuk kategori Siaga I, kondisi itu masih dalam batas toleransi aman atau kategori hijau. Jika ketinggian air mencapai 200 centimeter akan masuk kategori kuning, dan yang paling bahaya saat masuk kategori merah pada ketinggian 300 centimeter.

"Ini ketinggian air paling tinggi di awal tahun 2014. Tahun lalu di bulan Januari setinggi 100 cm-an," kata Didik. Meski demikian, peluang naiknya permukaan air masih terbuka. Sebab hujan masih terus turun hingga pukul 14.30 WIB.

Hujan yang turun deras menyebabkan sejumlah wilayah di Semarang mulai tergenang air. Beberapa di antaranya di Genuk, Tlogosari, kawasan Kota Lama, Stasiun Tawang, dan Jalan Kaligawe. (Eks/Sss)

Baca juga:
21 Rumah di Kota Semarang Tertimbun Longsor
Stasiun Tawang Semarang Terendam Banjir
Semarang Kebanjiran, Jalan Protokol Terendam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini