Sukses

Tebal Longsoran di Kudus 4 Meter, 13 Orang Masih Dicari

Sampai saat ini baru 1 korban yang ditemukan. Kondisinya sudah meninggal.

Longsoran tanah dan batu yang menimbun belasan warga Dukuh Kembangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sangat tebal. Proses pencarian korban pun sangat sulit dilakukan.

"Ketebalan longsoran 3 meter sampai 4 meter. Itu campur, tanah dan batu," ujar Bupati Kudus Musthofa saat dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Menurut Musthofa, proses evakuasi semakin susaah karena alat berat yang berukuran besar tidak bisa masuk ke titik longsor. Hanya alat berat berukuran kecil saja yang bisa sampai ke lokasi. "Hanya alat berat yang kecil, kerjanya kurang maksimal," ujar dia.

"Itu pun alat beratnya tidak hanya kita gunakan untuk menggali longsoran. Alat itu juga kita gunakan menahan tanah yang masih terus longsor hingga kini. Hujan terus turun," tambah Musthofa.

Untuk mencari para korban, pasukan Brimob dan TNI diterjunkan. Tak hanya itu, warga dan perangkat desa serta kecamatan setempat juga dikerahkan untuk membantu mencari korban yang tertimbun.

Longsoran ini terjadi pada Selasa malam. Satu warga sudah berhasil dievakuasi, namun kondisinya sudah tidak bernyawa. "Sementara masih ada 13 yang tertimbun, kami akan terus mencarinya," ujar Musthofa.

Kemarin sempat dikabarkan 12 orang tertimbun, informasi terbaru 14 orang tertimbun dan 1 orang meninggal dunia. (Eks/Ism)

Baca juga:
Banjir Parah, Jalur Demak-Kudus Ditutup
Banjir 3 Meter, Jepara, Pati, dan Kudus Evakuasi Besar-besaran
12 Orang Tewas Akibat Longsor di Kudus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini