Sukses

1 Korban Longsor Kudus Ditemukan Hidup

Namun korban tersebut belum bisa dievakuasi, karena masih menghadapi beberapa kendala.

Sebanyak 12 orang menjadi korban tanah longsor di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Satu di antaranya, yakni Musripan (50) dinyatakan tewas. Yang terbaru, 1 orang ditemukan kembali dalam keadaan hidup.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Gebog, Ahsinanto menyatakan, korban tanah longsor tersebut ditemukan di dalam rumah Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Gebog, Kudus, yang tertimbun longsoran. Ia ditemukan masih dalam kondisi hidup.

"Korban selamat tersebut teridentifikasi bernama Karmuji usia 50 (tahun)," kata Ahsinanto di Gebog, Rabu (22/1/2014).

Tapi, jelas Ahsianto, korban belum bisa dievakuasi, karena masih menghadapi beberapa kendala, menyusul kondisi tanah longsoran yang basah. Selain itu proses pencarian juga tidak bisa dilakukan secara asal dan harus memperhatikan kondisi tanah longsoran agar tidak jatuh korban saat evakuasi.

Hingga Rabu pukul 17.00 WIB, tim evakuasi masih berupaya mengangkat korban dari dalam rumah yang tertimbun longsoran tersebut. Tim evakuasi korban longsor, yakni dari TNI, Polri dan SAR Nasional yang baru saja datang ke lokasi kejadian tanah longsor.

Ahsianto menjelaskan, istri Karmuji, Istiqomah (40), belum diketahui nasibnya, karena hingga kini proses evakuasi masih berlangsung.

Sebelumnya, pada Rabu pagi, satu korban bernama Sulasmi (50) berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dan sudah dimakamkan di pemakaman umum yang ada di desa setempat.

Dengan adanya tambahan korban yang ditemukan, maka korban tanah longsor yang belum diketahui nasibnya berjumlah 10 orang. Sebanyak 10 korban tersebut, yakni Mursidi (45), istri bernama Ismawati (36), anak Muhamad Iwan (8), dan nenek Rukmi (60). Serta Asrori (43) dan istri Yanti (38) dan anak Ulfa (12). Korban lainnya, yakni Suwondo (55) dan istri Srikah (51).

Tanah longsor Gebog terjadi pada Selasa 21 Januari 2014 malam sekitar pukul 00.00 WIB. Bencana tanah longsor di desa setempat terjadi di 3 titik, dengan jumlah rumah rusak total sebanyak 9 rumah dan 9 rumah lainnya mengalami kerusakan 30-40 persen. (Ant/Riz/Yus)

Baca juga:

1 Korban Tewas Longsor Kudus Ditemukan, 11 Hilang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Kudus

Video Terkini