Sukses

Atasi Banjir, Pemprov DKI Berniat Bangun 5 Waduk Baru

Pemprov DKI sedang mengkaji lahan-lahan di kawasan Kali Tunjungan dan Pantai Indah Kapuk untuk dijadikan waduk yang baru.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan pihaknya berencana membangun 5 waduk atau danau buatan baru di Jakarta. Hal itu sebagai langkah lain untuk menanggulangi bencana banjir yang kerap melanda Ibukota.

"Kita mungkin nambah lagi waduk-waduk baru," ujar Ahok ini di Balaikota Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, saat ini Pemprov DKI sedang mengkaji lahan-lahan yang layak untuk dibuat waduk, seperti 90 hektare tanah di kawasan Kali Tunjungan dan Pantai Indah Kapuk. Pemprov DKI sedang melakukan negosiasi dengan pemilik ruko-ruko di wilayah itu untuk menjual sekitar 30 hektare lahannya.

"Nanti yang di Marunda, Kecamatan Cilincing, ada 50 hektare tanah bisa kita buat waduk," kata Ahok.

Ia menambahkan, ada beberapa lahan pemberian TNI Angkatan Udara kepada Pemprov DKI di kawasan Bandara Halim Perdanakusuma. Lahan tersebut sebenarnya akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH), namun bukan tak mungkin dibangun waduk.

Ada pula 120 hektare RTH di perbatasan Jakarta Barat dan Tangerang yang juga sedang dikaji apakah layak dibuat waduk baru.

"Kalau ada, itu semua ya cukup, samalah daya tampungnya dengan sodetan Ciliwung-Cisadane," ujar Ahok. (Ado/Yus)

Baca juga:

Tanggul Pompa Air Setiabudi Longsor, Kuningan Terancam Tenggelam
Jokowi: Lurah dan Camat Lambat Tangani Banjir, Saya Copot!
Air di Katulampa Naik Drastis Jadi 170 Cm, Status Siaga II
Kurangi Banjir Jakarta, 2 Waduk Dibangun di Bogor-Depok
Jokowi, Aher, dan Menteri LH Bahas Ciliwung dari Hulu ke Hilir



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini