Sukses

Pemkab Kudus Kesulitan Evakuasi Korban Longsor

Bupati Kudus Musthofa mengatakan, alat berat tidak bisa masuk area longsor. Proses evakuasi pun tidak berjalan cepat.

Pemerintah Kabupaten Kudus kesulitan mengevakuasi korban longsor di Dukuh Kembangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Saat ini proses evakuasi dilakukan secara manual.

Bupati Kudus Musthofa mengatakan, alat berat tidak bisa masuk area longsor. Proses evakuasi pun tidak berjalan cepat.

"Kita terkendala alat. Alat berat tidak bisa masuk karena lokasi tidak memungkinkan. Sementara kita pakai alat manual," kata Musthofa ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (22/01/2014).

Menurut Musthofa, pihaknya sudah berupaya sejak informasi terjadinya longsor diketahuinya. Hingga saat ini tercatat ada 12 korban yang tertimbun dalam korban longsor tadi malam.

"Ada 12 korban yang tertimbun namun informasinya sudah ada 1 yang ditemukan," ujar Musthofa.

Ia mengaku sudah berupaya memberikan bantuan secara maksimal baik dalam proses evakuasi maupun kepada keluarga korban. "Kita akan bantu semaksimal mungkin hingga ke pihak keluarga," ucap Musthofa.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya tak hanya akan menanggulangi insiden tanah longsor, tapi juga akan mengatasi banjir yang juga melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

"Kita tidak hanya fokus ke longsornya, tapi juga banjirnya," ujar Ganjar kepada Liputan6.com.

Ganjar mengungkap, selain tanah Longsor, sejumlah wilayah Jawa Tengah juga terendam banjir seperti di Jakarta. "Ada genangan air juga di Pati, Demak, Kudus, dan Jepara," kata Ganjar.

Sebelumnya, Kaur Kesra Desa Menawan, Suroso di lokasi kejadian menyatakan, dari 12 korban tanah longsor tersebut baru 1 orang yang berhasil ditemukan, yakni bernama Musripan (50). Jenazah Musripan sudah dimakamkan pagi tadi di tempat pemakaman umum desa setempat.

Sedangkan 11 korban lainnya yang masih tertimbun tanah longsor dan diduga meninggal dunia adalah Sowondo dan istri, Tarmuji dan istri, Asrori bersama istri dan anaknya, serta Mursidi bersama istri dan anaknya. (Mut/Yus)

Baca juga:
1 Korban Tewas Longsor Kudus Ditemukan, 11 Hilang
12 Orang Tewas Akibat Longsor di Kudus
Gubernur Ganjar Pranowo Meluncur ke Lokasi Longsor Kudus
Gubernur Ganjar Pranowo: Tak Hanya Longsor, Kudus Juga Banjir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.