Sukses

Hebat! Mahasiswa China Rawat Ayah Lumpuh Sembari Kuliah

Betapa besar bakti anak di China ini, ia rela merawat sang ayah yang lumpuh dari pingang ke bawah di sela-sela kuliahnya. Patut ditiru!

Betapa besar bakti seorang anak di China ini, ia dengan sabar merawat sang ayah yang lumpuh dari pingang ke bawah di sela-sela kuliahnya. Patut ditiru!

Dikutip Liputan6.com dari Daily Mail, Rabu (22/1/2014), awalnya remaja bernama Guo Shijun itu bingung akan kuliah di Universitas China --salah satu universitas ternama di kotanya-- atau mengabdikan dirinya untuk merawat sang ayah yang sudah tak bisa bekerja lagi karena lumpuh.

Ayahnya lumpuh setelah terjatuh dari jembatan setinggi 15 meter saat sedang mengerjakan konstruksi bangunan.

Pilihan yang sulit, akhirnya Guo meminta izin pada pihak kampus agar bisa merawat ayahnya di rumah yang ia sewa dekat kampus.

Setiap harinya Guo pun bolak-balik antara kelas dan rumah, dekat asrama kampusnya, untuk memastikan keadaan sang ayah. Meski sibuk dan lelah, namun prestasi Guo di kampus sangat gemilang. Nilai-nilainya sangat bagus.

Pria 20 tahun yang berasal dari keluarga miskin di Kota Liuan, provinsi Anhui itu pun akhirnya mendapatkan beasiswa dari kampusnya.

Sementara untuk membiayai kuliahnya, sehari-hari Guo meminjam uang dari teman dan kerabatnya yang jumlahnya hampir mencapai Rp 40 juta per tahun. Itu hanya untuk biaya kuliah, belum termasuk biaya hidup Guo berdua dengan ayahnya.

"Aku tak bisa bilang hidup ini mudah, tapi satu-satunya cara keluar dari masalah adalah bekerja keras. Karena itu aku tidak mengeluh. Aku kira setelah lulus nanti kehidupanku akan jadi lebih baik," ungkap Guo.

Kendati demikian, Guo harus merelakan ibunya dirawat kakek-neneknya di kampung. Ibunya mengalami gangguan mental usai sakit meningitis. Bukan tak pedulu, tak mungkin baginya merawat kedua orangtuanya. (Tnt/Ein)

Baca juga:

Presenter Cantik Inggris Bangkit dari Trauma Kekerasan Seksual
`Perempuan Terjelek di Dunia` Buktikan Kecantikan Sejatinya
Pakai Sandal, Presiden `Termiskin di Dunia` Lantik Menteri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini