Sukses

12 Orang Tewas Akibat Longsor di Kudus

Baru 1 korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 11 lainnya masih tertimbun longsor.

Tanah longsor terjadi di Dukuh Kembangan, Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu 22 Januari sekitar pukul 00.00 WIB. Sebanyak 12 orang tewas tertimbun longsoran.

"Saat ini warga beramai-ramai masih melakukan pencarian belasan korban yang masih tertimbun tanah longsor dengan alat seadanya," kata Kaur Kesra Desa Menawan Suroso di lokasi kejadian, Rabu (22/1/2014).

Menurut dia, dari 12 korban tanah longsor tersebut baru 1 orang yang berhasil ditemukan, yakni bernama Musripan (50). Jenazah Musripan sudah dimakamkan pagi tadi di tempat pemakaman umum desa setempat.

Sedangkan 11 korban lainnya yang masih tertimbun tanah longsor dan diduga tewas adalah Sowondo dan istri, Tarmuji dan istri, Asrori bersama istri dan anaknya, serta Mursidi bersama istri dan anaknya.

Suroso menambahkan, longsor ini juga mengakibatkan belasan rumah yang tersebar di sembilan RT di wilayah RW 2 terkena dampak, bahkan 5 rumah di antaranya tertimbun.

Tanah longsor juga sebelumnya terjadi sekitar pukul 18.30 WIB di wilayah yang sama, tetapi di bagian bawah menimpa sejumlah rumah dan dua di antaranya rusak.

"Tidak ada korban jiwa pada longsoran pertama, karena warga sebelumnya mendengar suara gemuruh, sehingga sempat menyelamatkan diri," ujar Suroso. Akibat tanah longsor tersebut akses jalan menuju ke lokasi tidak bisa dilewati karena tertimbun tanah cukup tinggi. (Ant/Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.