Sukses

[VIDEO] Manuver Rakit Brimob `Joko Tingkir` di Kampung Pulo

Bahu-membahu. Kata inilah yang menggambarkan kerja sama para anggota Brimob di tengah upaya evakuasi korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta.

Bermodalkan peralatan seadanya, seperti tripleks dan jerigen yang dirakit, personel Brigade Mobil atau Brimob mengevakuasi korban banjir. Mereka memantau kawasan pemukiman di Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang kebanjiran. Tingginya genangan banjir, ditambah aliran air yang deras, tak menjadi penghambat mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (21/1/2014), para anggota Brimob dengan rakit darurat yang diberi nama Joko Tingkir memantau setiap 2 jam sekali. Namun, jika debit air meningkat, intensitas pemantauan diadakan setiap jam.

Banyak suka duka para anggota pasukan khusus kepolisian tersebut. Inspektur Polisi Satu (Iptu) Imron misalnya. Ia mengaku senang bisa membantu korban banjir. Personel Brimob Polda Metro Jaya kerap dibawakan makanan oleh keluarganya. "Makanan sendiri, biasa dibawa ke posko," tutur Imron.

Ketinggian banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur yang merendam 32 RT, masih mencapai 2 meter dan saat ini kembali meninggi. Kondisi ini menyusul hujan dengan intensitas sedang yang masih terus mengguyur Ibukota.

Sebagian warga yang sudah dievakuasi semalam, menjejali tenda pengungsian di sepanjang ruas Jalan Jatinegara. Sementara, sebagian korban banjir memilih bertahan di lantai 2 rumah mereka yang tak tersentuh banjir. (Ans/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Banjir Kampung Pulo Berangsur Surut
[VIDEO] Akses Kampung Melayu-Tebet Masih Sulit Ditembus
Warga Kampung Pulo: Belum Selesai Berbenah, Banjir Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini