Sukses

Rapat Terbatas Bencana, SBY: Kita Perlu Gerak Cepat

"Hari ini rapat terbatas kita khusus membahas penanganan bencana," kata SBY.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rapat terbatas membahas penanganan bencana di sejumlah wilayah, termasuk mengelola dampak ekonomi akibat bencana.

"Hari ini rapat terbatas kita khusus membahas penanganan bencana, khusus lagi saudara kita yang ada di Sinabung. Terima kasih BNPB dan instansi terkait untuk membantu daerah tangani bencana di tempatnya masing-masing," kata SBY saat membuka rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

SBY mengatakan, dalam beberapa hari terakhir telah menghubungi sejumlah kepala daerah, antara lain Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Sumatera Utara, dan Gubernur Jawa Barat, terkait penanganan bencana alam.

"Kemarin saya dari Bali berkomunikasi dengan Gubernur Jabar terkait banjir di Bekasi, Karawang dan Indramayu, saya akan turun ke lapangan hari ini, karena terkait pertanian dan dampaknya seperti apa," ujar dia.

SBY juga menyinggung penanganan bencana akibat letusan Gunung Sinabung, termasuk pengiriman bantuan, anggaran yang diperlukan, dan juga menyangkut dampak ekonomi khususnya pertanian. "Kita perlu gerak cepat, anggaran tepat dan sesuai dengan aturan hukum," tegas SBY.

Rapat terbatas itu dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat terkait termasuk mantan Kepala PVMBG yang juga staf ahli ESDM Surono. "Terima kasih Pak Surono, suhu vulkanologi kegunungapian, mari kita pikir bersama-sama juga seperti apa," kata SBY. (Ant/Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini