Sukses

BMKG: Intensitas Hujan Diprediksi Berkurang Mulai Malam Ini

Intensitas curah hujan di Jakarta mulai Senin malam hingga beberapa hari ke depan diprakirakan semakin turun.

Intensitas curah hujan di Jakarta mulai Senin malam hingga beberapa hari ke depan diprakirakan semakin berkurang. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Achmad Zakir.

"Pada 17-18 Januari lalu memang ada kumpulan arak-arakan awan dari Samudera Hindia yang bergerak ke Timur sehingga turun hujan lebat yang merata di seluruh Jakarta dengan konsentrasi di pantai Utara," kata Achmad Zakir pada Diskusi Tinjauan Banjir Jakarta 2014 di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Namun, kata Zakir, hujan dengan intensitas tinggi ini akan mulai bergeser dari pantai utara ke selatan, yakni ke arah Cilacap dan Pandeglang.

"Pola hujan lebat di Jakarta diprakirakan juga tidak lagi merata. Namun kita tetap perlu waspada karena hujan lebat cenderung meningkat lagi di akhir Januari dan awal Februari," katanya.

Sementara itu, Kepala Program Operasi Ocean-Climate dan Tsunami Buoy BPPT Wahyu Pandoe mengatakan, ada tambahan tinggi permukaan laut sebesar 20 cm selama beberapa hari terakhir, sehingga debit air di Jakarta yang seharusnya segera mengalir ke laut jadi tertahan.

"Ini disebut storm surge atau banjir rob yang menandakan adanya energi yang kuat yang menyebabkan itu," ujarnya.

Ia menyebutkan, pasang maksimal terjadi pada 2 Januari dan kemudian terjadi lagi pada 12 Januari. Seharusnya setelah itu turun, tapi yang terjadi air malah pasang dan itu terus berlangsung selama 3 hari, yaitu 15-18 Januari 2014.

Senin ini, ujar dia, merupakan masa surut terendah, sedangkan pasang maksimal akan kembali terjadi pada 27 Januari. (Ant/Ali/Riz)

Baca juga:

Beda BMKG, Beda Jokowi
BMKG: Curah Hujan Beberapa Hari ke Depan Masih Tinggi
BMKG: Musim Hujan Diprediksi Baru Berakhir Awal Maret

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan

Video Terkini