Sukses

Bencana Sinabung Dilupakan, Mensos: Pemda Garda Terdepan

Pemerintah pusat menilai sudah memberi perhatian dan bantuan pada korban Sinabung. Namun, pemda yang harus berada di garda terdepan.

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menilai pemerintah pusat sudah cukup memberi perhatian bagi pengungsi korban letusan Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara. Di sisi lain, pemerintah daerah harus menjadi garda terdepan dalam menangani bencana itu.

"Pemerintah daerah harus kasih perhatian juga, dia harus ada di garda depan," kata Salim usai meninjau pengungsi banjir di GOR Jakarta Timur, Minggu (19/1/2014).

Menurutnya, pemerintah pusat melalui instruksi Presiden juga sudah melakukan banyak hal di Sinabung. Karena itu dirinya menolak jika pemerintah dianggap membeda-bedakan daerah yang terkena bencana.

"Pemerintah pusat nggak membedakan. Dari awal kita sudah 3-4 bulan bikin dapur umum di sana," lanjutnya.

Dirinya juga yakin semua pihak akan bergerak membantu saat bencana datang. Tinggal bagaimana melakukan kontrol terhadap distribusi bantuan yang disalurkan.

"Kontrol dari posko jika ada warga yang belum menerima bantuan langsung disalurkan," tandasnya. (Ado/Ism)

Baca juga:
BNPB: Pengungsi Gunung Sinabung Jadi 27.319 Orang
SBY Hubungi Para Gubernur Terkait Bencana Alam
[VIDEO] Kakek Tua Meninggal di Pengungsian Gunung Sinabung
25% Gaji Pokok Anggota DPR Dipotong untuk Bantu Korban Sinabung
Sejumlah Rumah Warga Ambruk Tertimbun Abu Sinabung




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.