Sukses

Bareng Delman, Mobil Jokowi Terobos Banjir ke Waduk Kodamar

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo siang ini blusukan menyusuri Jalan Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo siang ini blusukan menyusuri Jalan Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bukan dengan perahu karet, melainkan menggunakan mobil dinasnya menerobos banjir setinggi sekitar 50-60 centimeter.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (18/1/2014), dari depan La Piazza ia berbelok ke kiri menuju arah Mall of Indonesia (MOI). Di sepanjang jalan tersebut, tampak sejumlah kendaraan baik motor maupun mobil yang juga berusaha menerobos banjir.

Tidak hanya itu, beberapa delman digunakan warga sebagai kendaraan alternatif untuk melewati jalan tersebut. Ada pula anak-anak kecil yang bermain air. Meski diterjang banjir, pertokoan, restoran, supermarket tetap beroperasi seperti biasa.

Gubernur yang akrab disapa Jokowi itu pun terlihat sesekali membuka kaca dan melihat kondisi tersebut. 15 Menit kemudian, mobil yang ditumpanginya berbelok masuk ke arah Balai Samudera untuk bertemu Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono.

Kemudian, Heru mendampingi Jokowi melihat saluran Waduk Kodamar TNI Angkatan Laut (AL) yang berada di kawasan Balai Samudera.

"Memang terjadi hujan deras di sekitar Pulogadung dan robnya naik. Problemnya ada di situ," kata Jokowi usai memantau kondisi saluran itu.

Waduk Kodamar tersebut memiliki luas 100 x 20 meter dengan kedalaman 5 meter dan mampu menampung air hingga 10 meter kubik.

Pengecekan tersebut terkait masalah aliran air. Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara Wagiman Silalahi mengatakan, ada penolakan oleh warga di perumahan TNI AL Kelapa Gading untuk mengalirkan air genangan dan banjir tersebut ke Waduk Kodamar yang berada di belakang perumahan mereka.

"Warga menolak karena takut bila air dibuang akan membuat daerah tersebut banjir, padahal sebenarnya tidak akan seperti itu, masih aman kok," ujar Wagiman. (Tnt/Sss)

Baca juga:
`Kuras` Ciliwung, Pintu Air Manggarai ke Arah Istana Telah Dibuka
Jokowi: Saya Minta Pintu Air Manggarai Dibuka
SBY Hubungi Para Gubernur Terkait Bencana Alam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.