Sukses

4 Ribu Warga Jakarta Jadi Korban Banjir Diungsikan ke 54 Lokasi

Terdapat 21 tempat pengungsian berada di Jakarta Barat, 17 lokasi di Jakarta Selatan, 7 di Jakarta Timur dan 9 lokasi di Jakarta Utara.

Pusat Kendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) DKI mencatat, warga yang huniannya kebanjiran mencapai 4.000. Mereka terpaksa mengungsi ke 54 lokasi pengungsian yang tersebar di 4 wilayah DKI Jakarta.

Terdapat 21 tempat pengungsian berada di Jakarta Barat, 17 lokasi pengungsian di Jakarta Selatan, 7 di Jakarta Timur dan 9 lokasi pengungsian ada di Jakarta Utara.

"Kalau di Jakarta Pusat, kami belum mendapatkan laporan warga mengungsi di tempat pengungsian," kata Kepala Seksi Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Bambang Surya Putra saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (18/1/2014).

Adapun wilayah yang terendam banjir di Jakarta Timur adalah Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara dengan ketinggian air 30-100 centimeter yang merendam 7 RW dan 37 RT. Sehingga ada 952 kepala keluarga (KK) atau 2.620 jiwa yang terkena dampak banjir.

Sementara di Jakarta Barat, banjir melanda Kelurahan Rawa Buaya, Kelurahan Kapuk, Kelurahan Kedaung Kali Angke dan Kelurahan Tegal Alur di Kecamatan Cengkareng, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng Barat, Kelurahan Jelambar di Kecamatan Grogol Petamburan, Kelurahan Tambora di Kecamatan Tambora, Kelurahan Kembangan Utara di Kecamatan Kembangan, Kelurahan Kedoya Selatan di Kecamatan Kebon Jeruk, dan Kelurahan Tegal Alur di Kecamatan Kalideres.

Kemudian di Jakarta Utara, banjir merendam Kelurahan Kapuk Muara di Kecamatan Penjaringan, kelurahan Pademangan Barat di Kecamatan Pademangan, Kelurahan Pegangsaan dan Kelurahan Kelapa Gading Timur di Kecamatan Kelapa Gading.

"Saat ini air telah merendam 33 kelurahan yang terdiri dari 128 RW dan 227 RT. Ketinggian air bervariasi mulai dari 20 hingga 1,5 meter," ungkap Bambang. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.