Sukses

Jokowi Tak Bisa Redam Luapan Kali Cipinang Rendam 5 RT

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Kali Cipinang yang meluap hingga merendam 5 RT di Kampung Makassar, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Kali Cipinang yang meluap hingga merendam 5 RT di Kampung Makassar, Jakarta Timur. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa atau sekitar 80 cm.

Didampingi Walikota Jakarta Timur Krisdianto, pria yang akrab disapa Jokowi itu memantau kondisi air Kali Cipinang yang mengalir cukup deras hingga ke pemukiman warga.

"Sudah diturap (ditinggikan) tapi debit airnya semakin banyak yang meluap. Jadi ya solusinya dinormalisasi," ungkap Krisdianto, Sabtu (18/1/2014).

Namun, tidak ada yang dapat dilakukan Pemprov DKI sebagai penanggulangan sementara. Sebab, kali tersebut telah masuk dalam kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk normalisasi.

Jika diturap sebagian khusus di titik itu, Krisdianto mengatakan, akan berdampak pada beralihnya air ke bagian sungai lainnya. Sehingga perkampungan lain berpotensi menerima luapan air yang lebih banyak.

"Solusinya dinormalisasi PU Pusat. Kalau diturap yang di sini, di bawah lebih besar dapat airnya. Jadi tidak boleh sepotong-sepotong. Biar rata normalisasinya," terang Krisdianto.

Melihat tidak ada yang dapat dilakukan guna meredam luapan air, Gubernur Jokowi pun menaiki mobil dinasnya dan melaju menuju kawasan Kelapa Gading yang juga tergenang banjir. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini