Sukses

Tolong! Korban Banjir Rawajati Kalibata Sepi Bantuan

Sepekan sudah banjir melanda warga Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan. Para warga yang mengungsi kekurangan bantuan.

Sepekan sudah banjir melanda warga Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan. Tak pelak, warga pun harus mengungsi selama sepekan ini. Namun bantuan dari pemerintah belum ada, hanya dari perorangan, namun tak semua mendapat bantuan tersebut.

"Bantuan banjir tahun ini agak sepi, dari pemerintah atau pun parpol belum ada. Sepi bantuan sekarang ini, nggak seperti tahun lalu yang kebanjiran bantuan. Makanan pun banyak," kata Juriah, warga RT 10 RW 1 Gang Pelangi, Rawajati, Kalibata, Jakarta, Sabtu (18/1/2013).

Juriah bercerita, sejak banjir melanda daerahnya pada Senin 13 Januari dini hari, mereka langsung mengungsi. Lalu pada Jumat 17 Januari kemarin ia kembali ke rumahnya, namun belum sempat bermalam banjir kembali datang.

"Mau nggak mau deh kita ngungsi lagi, padahal rumah sudah bersih. Semua baju kerendam sama perabotan tak sempat kebawa," ungkap Ibu yang masih sempat berdagang di bawah jembatan flyover Jalan Raya Kalibata itu.

Ditemui terpisah, Ketua RT 03 RW 07, Ngadiono menuturkan tumpahan air Kali Ciliwung mulai masuk sejak Jumat sore. Jadi banjir di wilayahnya ada 2 tahap. Yakni sejak Senin hingga Jumat sore kemarin.

"Mengungsi sejak malam Senin banjir mengungsi, kemarin (Jumat) pagi pulang, lalu sorenya banjir lagi. Belum sempat tidur di rumah. Jadi, ini ada dua tahap banjirnya. Tanggal 13 Januari banjir lebih kecil, tapi begitu kemarin tanggal 17 Januari air penuh, karena malamnya naik lagi," tutur Ngadiono.

Kampung Rawajati, Kalibata ini memang kerap dilanda banjir karena daerah tersebut dilintasi aliran Kali Ciliwung. Ketinggian air di daerah ini pun telah mencapai 60 cm sampai 3,5 meter.

Pantauan Liputan6.com, ratusan warga di 3 Rukun Warga mengungsi di berbagai tempat. Selain di bawah kolong jembatan Jalan Raya Kalibata, sebagian warga ditampung di Puskesmas  Rawajati, Kantor Diklat BPK, Pos Bina Warga RW 07 dan rumah warga yang lebih tinggi. Rumah padat penduduk di berbagai gang itu, memiliki tinggi mencapai 3 meter. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Banjir di Kelapa Gading Hari Ini Lebih Parah dari Kemarin
Lokasi Ruas Jalan di Jakarta yang Dilumpuhkan Banjir
Banjir di Teluk Pucung Bekasi Capai 4 Meter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini