Sukses

Pintu Air Manggarai Masih Bertahan di Siaga 1

BNPB memastikan, tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai masih bertahan di ketinggian 960 cm atau tingkat Siaga 1.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan, hingga saat ini tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai masih bertahan di ketinggian 960 cm atau tingkat Siaga I.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan kondisi yang sama juga terjadi di pintu air Karet dengan ketinggian air 690 cm atau setara dengan Siaga I.

"Sedangkan tinggi muka air di Katulampa dan Depok masih Siaga III. Ini menunjukkan bahwa hujan di bagian hilir DAS Ciliwung lebih tinggi dibandingkan di bagian hulunya saat ini yang menyebabkan Manggarai Siaga I," kata Sutopo dalam keterangan persnya kepada Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (18/1/2014).

"Meskipun posisi tinggi air 960 cm di Manggarai, Kanal Banjir Barat masih bisa menampung debit tersebut. Artinya belum melimpas atau overtopping," tambahnya.

Dibandingkan dengan banjir setahun yang lalu atau pada 17 Januari 2013, saat itu kata Sutopo, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai mencapai ketinggian 1.020 cm.

"Bandingkan dengan saat ini 960 cm. Jadi saat ini masih lebih kecil debitnya. Begitu pula di bagian hulu, sebelumnya pada 15-1-2013 Katulampa posisi 210 cm (Siaga I) sedangkan saat ini 110 cm (Siaga III)," jelasnya.

Untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, Ia menjelaskan, Kementerian PU telah memperkuat tanggul-tanggul sungai di Kanal Banjir Barat. karena itu ia berharap tidak ada tanggul yang jebol dan debit air bisa dikendalikan, serta menyebabkan  genangan dan banjir terjadi di beberapa tempat.

Berikut informasi yang dihimpun Liputan6.com dari BNPB, Sabtu (18/1/2014), terkait ketinggian air di sungai dan pintu air:

1. Bendung Katulampa dengan ketinggian air 110 cm berada dalam status siaga 3.
2. Pintu air Depok dengan ketinggian air 225 cm berada dalam status siaga 3.
3. Pintu air Manggarai dengan ketinggian air 960 cm berada dalam status siaga 1.
4. Pintu air Manggarai dengan ketinggian air 690 cm berada dalam status siaga 1.
5. Pintu Air Pesanggrahan dengan ketinggian air 140 cm berada dalam status siaga 4.
6. Pintu Air Angke Hulu dengan ketinggian air 215 cm berada dalam status siaga 3.
7. Pintu Air Cipinang Hulu dengan ketinggian air 125 cm berada dalam batas siaga 4.
8. Pintu Air Sunter Hulu dengan ketinggian air 130 cm berada dalam batas siaga 4.
9. Pintu Air Pulogadung dengan ketinggian air 650 cm berada dalam batas siaga 3.
10. Pintu Air Pasar Ikan dengan ketinggian air 162 cm berada dalam batas siaga 4.
11. Pintu Air Krukut Hulu dengan ketinggian air 150 cm berada dalam batas siaga 4.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat pun diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap datangnya banjir. (Adm/Ism)

Baca juga:
Banjir di Teluk Pucung Bekasi Capai 4 Meter
Bekasi Dikepung Banjir, Berikut Lokasinya
RS Abdul Kadir Bekasi Terendam Banjir, Pasien Dievakuasi





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.