Sukses

Buru Penembak Briptu Nurul, Bareskrim Bentuk Tim Khusus

Bareskrim Polri mengerahkan unit khusus untuk memburu pelaku penembak Brigadir Anumert Nurul Affandi hingga meregang nyawa.

Sudah sepekan anggota Polsek Klapa Nunggal, Bogor, Jawa Barat, Brigadir Anumerta Nurul Affandi tewas ditembak pelaku pencuri kendaraan bermotor di warung Rujak Bengkel Teh Titin, yang berada di Jalan Raya Narogong KM 27.

Pelaku penembakan belum tertangkap. Menyikapi itu, Bareskrim Mabes Polri mengerahkan unit khusus untuk memperbantukan Polda Jawa Barat untuk mengejar pelaku penembak orang tak dikenal itu.

"Kita sedang membuat satu unit khusus yang di-BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Bareskrim Polri untuk melakukan pengejaran pelaku," kata Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Suhardi Alius di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Suhardi masih merahasiakan pelaku penembakan itu sebelum diringkus. Pasalnya masih menungu tim yang bekerja. Bila telah ditangkap maka pihaknya akan menjerat pelaku dengan pasal 365 KUHP

"Jangan berasumsi. Kalau sudah tertangkap nanti baru diberitahu. Nanti pasalnya akan dikenakan soal 365, kalau pelakunya sudah ketemu," kata mantan Kapolda Jabar itu.

Sejauh ini, kata dia, motif pelaku penembakan masih pencurian kendaraan bermotor dengan penganiayaan berat. Hal itu berdasarkan saksi mata bahwa ada sepeda motor yang sebelumnya coba diutak-atik pelaku di lokasi penembakan.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Franky Sompie mengatakan bahwa Kapolda Jabar Irjen Mochamad Iriawan kini memimpin langsung pencarian pelaku. Namun sejauh ini polisi tengah melakukan analisis perkara, termasuk keterangan beberapa saksi dan hasil otopsi.

"Sketsa sudah disebar. Jika melihat ciri-ciri orang ini (pelaku) mohon diinformasikan," kata Ronny, Rabu 15 Januari 2014 kemarin.

Briptu Nurul tewas setelah ditembak dari jarak sekitar 2 meter. Kejadian itu tak jauh dari tempat dia berkantor di Polsek Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Dia merupakan anggota Reskrim Polsek Klapanungal yang sudah 4 tahun bertugas di wilayah tersebut. (Edo/Yus)

Baca juga :

Sketsa Pelaku Penembakan Brigadir Nurul di Bogor Disebar
Polisi Korban Penembakan di Bogor Naik Pangkat
Ungkap Pelaku Penembakan Mabes Polri Back Up Polda
Penembakan Briptu Nurul Kabareskrim Sebar Sketsa Wajah Pelaku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.